header_ku

Selasa, 22 November 2011

MATERI PERSIAPAN ULUM KELAS XI SEMESTER 3- 2011


1.       Tahun Sejarah Internet Dunia, Lembaga/Departemen, Nama Proyeknya
2.       Tahun Sejarah Internet Indonesia, Nama Kota, dan Nama Institusinya
3.       Definisi Internet dan Jaringan Komputer
4.       Peralatan Internet dan Peralatan Jaringan Komputer (fungsinya) :
a.       Modem
b.      Switch
c.       Hub
d.      Router
e.      Repeater
5.       Jenis-jenis Kabel Jaringan Komputer :
a.       UTP/Belden/RJ-45
b.      Telpon/Modem/RJ-11
c.       Coaxial
d.      Fiber Optic
6.       Pengelompokkan Jaringan Komputer :
a.       Berdasarkan Cara Aksesnya :
                                                               i.      Peer to peer
                                                             ii.      Client – Server
                                                            iii.      Host Terminal
b.      Berdasarkan Luas Jangkauannya :
                                                               i.      LAN
1.       Bus
2.       Star
3.       Star – Bus atau Tree
4.       Mesh
5.       Ring
                                                             ii.      MAN
                                                            iii.      WAN
                                                           iv.      Internet
                                                             v.      Intranet/Extranet
7.       Singkatan dan kepanjangan serta istilah-istilah internet dan jaringan :
a.       FTP, TCP/IP, DNS, DHCP              
b.      HTML, URL, WWW, ISP                 
c.       Shell Conection, Point to Point Protocol, Dedicated Conection, Dial Up Conection
d.      WiFi, MODEM, VSAT, WAP, WIMAX
e. Login, Logout, Download, Upload, Signin, Signout
f. Subnetmusk, getway
8.       Jenis-jenis koneksi beserta skemanya
a.       Koneksi ke Internet
                                                               i.      Dial Up Conectio
                                                             ii.      Dedicated Conection
b.      Koneksi antar ISP
                                                               i.      Shell Conection
                                                             ii.      PPP Conction
c.       Aplikasi koneksi internet
                                                               i.      Browsing
1.       Mozilla FF
2.       Opera
3.       Internet Explore
                                                             ii.      Search
1.       Google
2.       Yahoo
3.       Lycos
4.       Excite


Salam Dari LabKomp
TIK

Selasa, 01 November 2011

MATERI_KELAS X

PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER


I. PENDAHULUAN

Tujuan Mempelajari Hardware Komputer :
1. Siswa diharapkan mampu mengelompokkan dan membedakan hardware berdasarkan fungsinya
2. Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsi kerjanya

Manfaatnya :
Mempelajari hardware komputer dengan kemampuan mengelompokkan, membedakan serta mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya, siswa memperoleh bekal dasar pengetahuan yang dapat dipergunakan dalam studi lanjut keperguruan tinggi.

Pengelompokkan Hardware
Hardware komputer dibagi menjadi 2 bagian, yaitu main device dan peripheral.

 Main device computer terbagi atas :
1. Input device,
2. Output device, dan 
3. Processing device.

Perhatikan skema berikut ini :


bagian dari output device


bagian processing device


bagian input device



Berikut contoh dari Hardware Main Device
















Peripheral computer terbagi atas :
1. Input peripheral,
2. Output peripheral, dan
3. Media pheripheral


               
















Berikut contoh dari Hardware Peripheral

1. Hardware Input Peripheral


































2. Hardware Media Peripheral


































Ada perbedaan antara peralatan media tambahan dengan peralatan media pada Main Device. Disinilah peranan pengelompokkan hardware agar kita mudah mengklasifikasi atau menentukan jenis hardware yang digunakan.

3. Hardware Output Peripheral


































Kita sudah mengelompokkan dan membagi beberapa bagian dari kelompoknya masing-masing peralatan tambahan (Peripheral), sekarang marilah kita tinjau dulu Hardware Main Device. 

Mengenal Jenis-Jenis Monitor


















Ups...sorry, nih materi sudah ada sejak tahun 2010 alias materi tahun lalau, he..he..ngga apa-apa yang penting elmunya, okayou? Lanjut.......... eh ntar dulu, kok beda dengan buku paketnya? nah ini dia...manusia jangan jadi diktator (manusia diktat) kacian delu.....buku paket itu hanyalah acuan kita untuk mengembangkan materi yang ada. Neh...internet dan Mbah google, NyiYahoo ada aja disana membantu anda. ini bukan jaman katak dalam tempurung bro.... jaman Explorasi dan Rekonstruksi.
Okay, Jenis-jenis monitor...buanyak banar tuh slide kada cukup mengidentifikasi jenis-jenisnya. Seperti kembali ke sejarah komputer aja.

 Jenis-Jenis Monitor CRT


















Berikut tabel sederhananya buat siswa yang pengentahu perkembangan monitornya

















Berikut juga tampilan monitor yang disebut sebagai monitor monochrom MDA dan EGA

















Berikut dibawah ini merupakan kelompok monitor CRT berwarna (Color) dengan jenis Flet


















ada beberapa jenis monitor CRT Flat, yaitu berikut di bawah ini




















Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS KELOMPOK KELAS XI IPA/IPS

Tujuan
Diharapkan siswa mampu membuat blog, twitter, skype, myspace, Halloo, Yahoo Koprol, dan Facebook dengan setingan tampilan yang baru, informatif dan mampu bekerja sama dalam tim kelompok induk yang telah dibentuk sendiri sehingga setiap siswa mengetahui cara-cara penggunaan aplikasi dalam internet untuk mampu saling berkomunikasi, dan berbagi informasi sebanyak-banyaknya.

Tugas yang Diberikan
Setiap kelompok mencabut undi untuk penentuan tugas yang harus dikerjakan. tidak ada yang ditentukan oleh guru namun guru hanya memberikan batas apalikasi yang harus dikerjakan siswa berdasarkan apa yag diketahui oleh siswa dan pengalaman siswa dalam berinternet.

Ketentuan Tugas
Setiap anggota kelompok harus aktif dan mampu bekerja sama
Siswa dalam kelompok yang tidak mampu bekerja sama, tidak dicantumkan namanya saat di posting ke blog guru TIK di http://www.e-danaku.blogspot.com
Batas waktu pengerjaan sesuai undian yang didapatkan adalah 3 minggu dari saat pencabutan undian. Jika lewat dari batas waktu yang ditentukan akan mendapat pengurangan nilai baik afektif maupun kognitifnya serta psikomotoriknya.
Hasil tugas harus dipresentasikan dalam powerpoint atau langsung pada tampilan aplikasinya via internet.

Kelompok yang tidak mampu mempresentasikan dengan alasan yang tidak jelas/tepat akan mendapat pengurangan nilai (contoh: alasan tertinggal, lupa, malas, dll)

Penutup
Demikian tugas kelompok ini harus segera di kerjakan, atas perhatian dan responnya diucapkan terima kasih

Banjarmasin, 13 Oktober 2011
Guru TIK
ttd.

Y. Suryonawantoro

TUGAS PERORANGAN KELAS XI IPA DAN IPS

Membuat Blog
Setiap siswa kelas XI wajib membuat dan memilki blog dengan menggunakan blogger.com

Persyaratan Blog:
Blog wajib dibuat sendiri oelh setiap siswa dan tidak dibuatkan oleh teman atau orang lain
Blog yang telah dibuat minimal berisi 1 artikel
Blog yang sudah jadi akan dinilai dengan kriteria (interface, isi, hyperlink, profil diri, dan kerapian dan kejelasan)
Pada tampilan blog harus termuat profil diri siswa bersama dengan foto diri siswa (sopan,jelas, dan etis)
Blog yang sudah jadi harus melaporkan (posting) ke blok guru TIK ke http://www.e-danaku.blogspot.com
degan kalimat teks "Lihat blog saya di http://www.[nama_blog].blogspot.com".
Waktu posting selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sebelum ULUM (ulangan umum).
Setiap siswa wajib menghafal nama blognya sendiri, jika ditanya lisan oleh guru TIK

Sanksi dan Penilaian
Siswa yang tidak membuat blog sesuai dengan persyaratan yang diberikan akan mendapat sanksi pengurangan nilai.
Apa bila tidak membuat blog sma sekali dan tidak memberitahukan alasan, maka nilai siswa dianggap tidak tuntas pada penugasan ini.
Kriteria penilaian seperti dijelaskan sebelumnya akan menentukan nilai siswa.
Seandainya siswa hanya membuat blog dengan judul dan profil saja tanpa ada isi artikel, maka siswa akan dinilai sesuai dengan KKM, dan jika siswa membuat blog lengkap dan memiliki interface yang bagus, akan dipanggil untuk dimintai keterangan proses pembuatannya dan jika siswa mampu memberikan penjelasan dengan baik, maka akan diberi nilai 100.

Banjarmasin, 13 Oktober 2011
Guru TIK
ttd.
Y. Suryonawantoro

Jumat, 30 September 2011

Pekerjaan Rumah Kelas X

Petunjuk:
1. Siswa wajib mengerjakan dan menjawab soal ini melalui e-mail dan cukup melaporkan pada blog ini bahwa PRnya sudah dikerjakan beserta lampirannya (jika ada)
2. Setiap siswa yang menjawab, harus dan wajib mencantumkan nama lengkap siswa, Nomor Induk Siswa, Kelas siswa dan e-mail siswa (tidak nebeng e-mail teman)
3. Siswa bebas mencari (searching) di internet situs web yang berkaitan dengan soal Pekerjaan Rumah ini.

Soal
1. Sebutkan definisi dari Algoritma!
2. Jelaskan perbedaan penerapan antara algoritma, flowchart, dan pseudocode
3.Carilah bilangan desimal jika bilangan binernya bernilai 00101011 (dijawab sesuai prosedur perhitungan, tidak langsung hasilnya)
4. Berdasarkan 3 input yang terdiri dari gerbang Logika AND, yaitu input A = 1 dan Input B = 1, dan hasil dari gerbang AND bernilai X sebagai input Gerbang XNOR dan input ke tiga adalah C = 0; maka berapakah hasil output (Z)nya? (buat tabel kebenarannya)



 Gbr. 1. Gerbang Logika
 Catatan: cari dulu nilai X kemudian gabungkan dengan C akan menghasilkan Z


5. Gambarkan symbol gerbang logika NOT, XNAND, NAND, dan NOR

Kamis, 29 September 2011

Foto_Gw Slideshow Slideshow

Foto_Gw Slideshow Slideshow: TripAdvisor™ TripWow ★ Foto_Gw Slideshow Slideshow ★ to Banjarmasin. Stunning free travel slideshows on TripAdvisor

Rabu, 28 September 2011

Tugas Siswa2 Kelas X Semester 1

Tugas ini ditujukan untuk siswa/siswi kelas X semester 1  yang dibuat secara kelompok.

Buatlah makalah tentangMerangkai Konsol :
1. Jenis-jenis Port : Sejarah perkembangannya, kabel yang terhubung, alat yang terhubung, dan apa fungsinya
2. Jenis-jenis Konektor : Sejarah perkembangannya, kabel yang terhubung, alat yang terhubung, dan apa fungsinya
3. Jenis-jenis Socket : Sejarah perkembangannya, alat yang terhubung, dan apa fungsinya
4. Jenis-jenis Slot : Sejarah perkembangannya, alat yang terhubung, dan apa fungsinya

Ketentuan Makalah
1. Dijilit Rapi (di hekter dan dilakban, sampul depan transparan, dan belakang diberi karton kafer belakang)
2. Harus ada lembar judul
3. Kata Pengantar
4. Daftar : Isi, dan Gambar
5. Isi
6. Daftar Pustaka/Sumber
7. Waktu pengumpulan sebelum apel pagi pengurus kelas sudah mengumpulkan tugas teman ke meja guru TIK di ruang guru
8. Bagi siswa dalam satu kelompok tidak mau bekerja sama, wajib koordinator kelompok tidak mencantumkan nama teman yang tidak aktif dan dianggap remidial atau mendapat tugas mandiri.

Banjarmasin, 28 September 2011
Guru TIK

Y. Suryonawantoro


Senin, 26 September 2011

Menghidupkan Karakter Bangsa

Apa itu karakter ?


Karakter lebih dari hanya sekedar perkataan. Karakter menentukan siapa kita. Siapapun kita akan menentukan apa yang kita lihat. Apa yang kita lihat akan menentukan apa yang akan kita perbuat. Itulah mengapa karakter seseorang tidak bisa dipisahkan dari perbuatannya. Sebuah pohon akan dilihat dari buahnya.

Karakter itu lebih dekat dengan watak atau tingkah laku atau sifat seseorang. Menghidupkan  karakter, merupakan usaha yang tidak mudah. Ibaratnya seorang tukang periuk membuat periuknya menjadi lebih indah., yaitu dari segumpal tanah liat diolah menjadi periuk yang sangat indah. Kata indah merupakan keterangan sifat. Membutuhkan waktu yang tidak secara instan langsung jadi.

Sebagai contoh, menghidupkan karakter anak; jika karakter anak tersebut sudah memiliki dasar-dasar bibit suka berbohong atau suka merusak atau bersifat destruktif, maka sangat sulit jika diubah dengan kata-kata, kebanyakan lebih mudah diselesaikan dengan hadiah atau imbalan atau tips. Nah, membangun dengan cara ini sangatlah merusak kehidupan karakter anak akibat pemberian tips, dari yang sudah rusak bersifat destruktif berkembang menjadi penuntut dan lebih parah lagi menjadi khawatir dengan dirinya selanjutnya lahir dengan sifat ketergantungan dan bermuara pada iri hati yang melukai jiwanya sendiri. Maka lahirlah anak-anak kegelapan yang disebut anak-anak penuntut, Destruktif, Koruptus, dan Pemalsuan. Tak ada kejujuran dan merasa bersalah. karena menganggap diri benar. Anak-anak yang demikian akan menghancurkan negara. Siapa yang dipersalahkan? Nah siapa yang menabur...dia sendiri yang akan menuainya.

Para pendidik harus lebih jeli dan berhati-hati akan hal ini. Sebaiknya jangan diiming-imingi tetapi diberi pemahaman sebab akibat yang akan ditimbulkannya dan diselipi nilai-nilai moral dan agama. Hukuman tegas namun adil akan memberikan pemahaman kepadanya bahwa yang salah akan dihukum sesuai dengan perbuatannya. Hukumannya tentu hukuman yang mendidik dan terkait dengan hukum yang ada di negara kita. Biasanya tidakan destruktif akan dihukum dengan skorsing dan denda. Denda yang dimaksud bisa dalam bentuk materi atau nilai afektif. Materi, bisa memberikan sumbangan kepada orang-orang cacat yang membutuhkan dana, dari nilai afektif A dikurangi menjadi nilai D. Kemudian diberi pemahaman, jika mendapat nilai D diraport, maka orang akan menganggap sebagai anak yang tidak beres kelakuannya. hal ini akan mempersulit hidupnya dimasa depan.

Saya sebagai pengajar mata pelajaran TIK, harus membangun karakterbangsa kepada anak-anak didik. namun yang paling penting adalah diri sendiri harus dibenahi, kemudian anak-anak didik. Jika diris endiri tidak beres, maka anak-anak didiknya pun menjadi tidak beres juga.

Semoga anak didik kita menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang lebih baik dan benar. Tuhan Memberkati.
Banjarmasin, 26 September 2011
Penulis

Nwn

Sabtu, 24 September 2011

Tugas-1 Siswa Kelas X

Soal Latihan 1 (Penugasan Tidak Terstruktur)
Catatlah prosedur algoritma dalam kehidupan sehari-hari, agendakan dalam tiap lembar, yaitu aktifitas bangun tidur hingga berangkat kesekolah.
Lakukanlah ini selama satu minggu, jika terlambat bangun tuliskan bangun jam berapa, jika terlambat ke sekolah tuliskan berapa lama waktu anda terlambat dan berikan penjelasan keterlambatan sesuai prosdur algoritmanya yang logis dan berurutan.
Selamat mengerjakan!

Jumat, 23 September 2011

Link DesainGrafis Berbayar

Bagi yang berminat belajar desain grafis coba link ke sini, ok?? Inga...inga... bukan gratisan lo.... Nih dia linknya. http://tags.softarchive.net/Graphics+Design/

Belajar Microsoft Excel 2007 Sekaligus Unduh Gratis

Mengunduh link file PDFuntuk materi Ms Excel 2007  ini jangan lupa mengidentifikasi tanggal dan jam pada daftar pustakamu. Inga...inga... Etika. Nih linknya http://www.google.co.id/#hl=id&sugexp=pfwc&cp=31&gs_id=3m&xhr=t&q=belajar+aplikasi+Excel+2007+pdf&pq=belajar+aplikasi+excel+2007&pf=p&sclient=psy-ab&source=hp&pbx=1&oq=belajar+aplikasi+Excel+2007+pdf&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=&gs_upl=&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.&fp=1f9dd6847d1d7db0&biw=1280&bih=581
Semoga cukup memuaskan, ya.

Kamis, 22 September 2011

Materi Pengantar Komputer 1

A. Definisi Komputer

Pada mulanya komputer berasal kata dari bahasa Latin artinya Computare dan dari bahasa Inggris To Computer artinya adalah menghitung.
Sesuai dengan perkembangan sejarah dan generasi komputer, kata komputer berkembang juga pengertiannya, yaitu:
Alat yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai cara berkomunikasi dan untuk memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya dengan efisien dan efektif. 
Komputer kini menjadi mesin elektronik yang bisa memproses informasi sesuai dengan perintah (algoritma) yang diberikan.



B. Definisi Algoritma
Urutan langkah-langkah logis penyeselaian suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis (logika) merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentukan urutan dan prosedurnya dari awal hingga akhir.
Algoritma dapat dibatasi lingkup prosedurnya sesuai dengan apa yang dialgoritmakan. Misalkan algoritma mengaktifkan komputer, lingkupnya hanya mengaktifkan tanpa bertanya apakah ada kerusakannya. Jika prosedur lingkupnya diperluas dari mengaktifkan dan juga mendeteksi adanya kerusakan, maka lingkupnya harus mencakup apa yang akan dialgoritmakan
Sasaran dan keterkaitannya dengan algoritma adalah Flowchart, kemudian Pseudocode dan Logika. Mengapa ada kaitannya? Algoritma hanyalah kerangka berpikir bagaimana urutan dari suatu prodesur adalah logis sehingga tujuan tercapai dan permasalahan dapat terpecahkan. Flowchart adalah suatu algoritma yang dituangkan dalam bentuk diagram alir dengan ketentuan setiap diagramnya memiliki arti dan fungsi. Pseudocode adalah pengejawantahan dari algoritma dan flowchart untuk membentuk suatu sistem, program, dan prosedur.
 Contoh algoritma dalam matematika adalah sebagai berikut :
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.

1.Masukkan sebuah bilangan sembarang

2.Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2

3.Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.

4.Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila 
   sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.


Masih banyak contoh-contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari, yang paling terpenting
adalah prosedurnya, yaitu 
1. Tentukan judul algoritmanya
2. Tuliskan semua kalimat yang ada hubungannya dengan persiapan
3. beri nomor urutan pada awal kalimat.
4. Jika ada sisipan prosedur, bisa mengubah nomor urutnya atau menggeser nomor urutan
    lama dengan nomor urutan sisipan
5. Tuliskan kalimat pada bagian pertanyaan dan bagian dari akhir suatu kegiatan
6. Baca kembali urutannya, jika ada yang kurang tambahkan dan jika da urutan logisnya yang 
    terbalik balikla.
 


C. Definisi Flowchart
Flowchart adalah suatu penyajian algoritma yang dituangkan dalam bentuk diagram alir dengan ketentuan setiap diagramnya memiliki arti dan fungsi. Flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dalam tampilan simbol-simbol.



Kamis, 28 Juli 2011

Pemeliharaan Lab Komputer

Banyak cara merawat atau memlihara lab komputer. memelihara lab komputer, sebenarnya yang utama adalah rutin memeriksa kondisi hardware dan software komputer. Brainware yang memiliki keahlian dibidang ini harus dapat mengidentifikasi kerusakan hardware dan software komputernya.
Apakah yang harus di identifikasi oleh seorang brainware terhadap software dan hardwarenya?

Pertama, Mengecek Hardware

1. HDD SATA/ATA Bermasalah
Nyalakan/aktifkan komputer sesuai prosedur. Perhatikan booting pertama, apakah tampilan monitor rusak atau gelap sama sekali?
Jika tampilan ada, tapi gambar rusak atau tidak jelas(acak/ramdom), maka yang perlu di cek adalah kabel HDD ATA/SATA apakah sudah terpasang dengan baik/benar? Ataukah longgar? Jika longgar, cabut kabel dan cari port kabel ATA/SATA yang tidak longgar, jika tidak terpasang dengan baik/benar, benarkan. Coba nyalakan kembali, jika menyala dengan kondisi normal, itulah penyebabnya, jika tidak selanjutnya langkah ke dua.

 2. Mengecek RAM
Jika saat diaktifkan/dinyalakan tampilan monitor tidak memunculkan gambar tapi lampu HDD dan Powernya aktif pada CPU dan tidak ada tanda-tanda sinyal, coba cek RAM, buka kesing bersihkan dengan kuas soket dan pinnya atau pada lempeng pin RAM dibersihkan dengan karet penghapus pensil. Kemudian pasangkan kembali dan nyalakan komputer. Jika masih seperti semula dan tidak ada tanda-tanda bunyi/suara, cek kembali RAM apakah rusak atau tidak, jika rusak gantikan yang baru atau gantikan dengan ram dari komputer yang lainnya yang tidak terpakai namun RAM nya masih bagus. Pasang kembali RAM dan aktifkan kembali komputer, jika menyala dengan normal, itulah penyebabya, jika belum tampil gambar apapun, cek grafis komputer (chart atau onboard).

  
3. Mengecek Graphic Cart
jika onboard coba pasangkan kartu grafis yang baru atau yang bekas tetapi masih bagus, dengan benar. kemudian aktifkan komputer kembali. jika menyala dengan baik (ada perubahan baik), catat/beri identifikasi kerusakan komputer pada kesing CPU. Selanjutnya catat kerusakan pada database sebagai identifikasi kerusakan guna memelihara dan merawat komputer Laboratorium komputer. beri catatan keterangan sebagai tindakan pemeliharaan. Jika komputer belum menyala, cek jumper BIOS.



4. Mengecek Jumper BIOS
apakah posisi pin jumper sudah benar, jika belum ubah posisinya. Coba nyalakan kembali, jika menyala dengan normal itulah penyebabnya. Jika tidak Cek Power Supplay










5. Mengecek PSU (Power Supplay Unit)
Cek kabel Power PLN apakah sudah terpasang dengan benar, jika sudah, cek kabel ATX PSU, apakah sudah terpasang dengan benar? Jika sudah terpasang, coba cabut seluruh komponen (RAM, Kabel Data, Processor, Kartu Grafis, Kabel ATX, dan Ubah Jumper BIOS untuk di reset ke default), dan pasangkan kembali seluruhnya. dan jangan lupa saat melepas seluruhnya, listrik tidak terhubung ke CPU dan atau PSU. Jika sudah dilakukan seluruhnya, cek lampu LED motherboard apakah menyala atau mati. jika mati, maka gantikan PSU. dan jika PSU sudah diganti baru dan masih tetap mati....... Pastika bahwa Motherboard Rusak. jika rusak...ada dua pilihan, beli baru atau ganti motherboardnya.

Catat kejadian  dan alur pengecekkannya. Hal ini untuk mengidentifikasi alat dan peralatan yang digunakan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan yang sama pbaik pada komputer yang lainnya atau pada komputer yang sedang diperbaiki atau dipelihara.



See you next time.....

dari : Yustianus Suryonawantoro, A.Md.

Selasa, 07 Juni 2011

Mencari Peluang Bisnis di ASIAN BRAIN - di Anne Ahira

Coba anda link ke sini, banyak yang diajarkan olehnya. Cukup positif. silahkan link dan klik sekarang juga
http://www.anneahira.com

Selasa, 10 Mei 2011

Mengenal Bagian-Bagian dari Excel

Microsoft Excel versi apa saja selamanya berhadapan dengan baris formula, sheet, dan sel. Baris formula dengan istilah kerennya formula bar sebenarnya sangat membantu pengguna aplikasi yang satu ini. apanya yang dibantu?
1. formula bar itu menyatakan sebagai letak tampilan formula atau fungsi itu dibuat.

2. formula bar itu sebanrnya menunjukkan isi dari suatu sel.
Nah...yang kedua inilah saya mau katakan bahwa formula bar itu merupakan tempat melihat isi sel. kadang kita bingung melihat pada cell tidak ada apa-apanya (bersih/belum diisi/belum diinput datanya), padahal sudah ada datanya. Caranya, klik atau menggunakan tombol panah kiri/kanan/atas/bawah. jika pointer sel (sel aktif terdiri dari indikator box, dan memiliki titik fill handle) menuju pada sel yang ada isinya, maka akan nampak pada baris formula.

Selasa, 26 April 2011

Membuat Segitiga dengan sekali klik

Membuat segitiga dengan sekali klik, tidak terlalu sulit. Membuatnya hanya dengan menggunakan bahasa program tingkat tinggi, yaitu Bahasa Visual Basic 6.0. Tidak sesulit kita membuatnya pada bahasa program tingkat tinggi lainnya. listing programnyapun sangat simpel. Perhatikan tampilan listing programnya, dan hasil yang muncul seperti berikut ini.
Sumber. yustianus Suryonawantoro_3101-0802-0958

untuk prosesnya dapat dilihat pada video ini


Sumber: Yustianus Suryonawantoro_3101-0802-0958

Atau anda boleh melihat lebih jelasnya pada gambar berikut sebagai hasil tampilannya
Sumber: Yustianus Suryonawantoro_3101-0802-0958

Demikian tugas ini saya kerjakan bersama dengan blognya. terimakasih Bpk. Fitriyadi yang memberikan tugas ini kepada saya, walau sederhana hasilnya.

Selamat mencoba.

Banjarmasin, 22 April 2011
Penulis, Yustianus Suryonawantoro