header_ku

Kamis, 22 September 2011

Materi Pengantar Komputer 1

A. Definisi Komputer

Pada mulanya komputer berasal kata dari bahasa Latin artinya Computare dan dari bahasa Inggris To Computer artinya adalah menghitung.
Sesuai dengan perkembangan sejarah dan generasi komputer, kata komputer berkembang juga pengertiannya, yaitu:
Alat yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai cara berkomunikasi dan untuk memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya dengan efisien dan efektif. 
Komputer kini menjadi mesin elektronik yang bisa memproses informasi sesuai dengan perintah (algoritma) yang diberikan.



B. Definisi Algoritma
Urutan langkah-langkah logis penyeselaian suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis (logika) merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentukan urutan dan prosedurnya dari awal hingga akhir.
Algoritma dapat dibatasi lingkup prosedurnya sesuai dengan apa yang dialgoritmakan. Misalkan algoritma mengaktifkan komputer, lingkupnya hanya mengaktifkan tanpa bertanya apakah ada kerusakannya. Jika prosedur lingkupnya diperluas dari mengaktifkan dan juga mendeteksi adanya kerusakan, maka lingkupnya harus mencakup apa yang akan dialgoritmakan
Sasaran dan keterkaitannya dengan algoritma adalah Flowchart, kemudian Pseudocode dan Logika. Mengapa ada kaitannya? Algoritma hanyalah kerangka berpikir bagaimana urutan dari suatu prodesur adalah logis sehingga tujuan tercapai dan permasalahan dapat terpecahkan. Flowchart adalah suatu algoritma yang dituangkan dalam bentuk diagram alir dengan ketentuan setiap diagramnya memiliki arti dan fungsi. Pseudocode adalah pengejawantahan dari algoritma dan flowchart untuk membentuk suatu sistem, program, dan prosedur.
 Contoh algoritma dalam matematika adalah sebagai berikut :
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.

1.Masukkan sebuah bilangan sembarang

2.Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2

3.Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.

4.Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila 
   sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.


Masih banyak contoh-contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari, yang paling terpenting
adalah prosedurnya, yaitu 
1. Tentukan judul algoritmanya
2. Tuliskan semua kalimat yang ada hubungannya dengan persiapan
3. beri nomor urutan pada awal kalimat.
4. Jika ada sisipan prosedur, bisa mengubah nomor urutnya atau menggeser nomor urutan
    lama dengan nomor urutan sisipan
5. Tuliskan kalimat pada bagian pertanyaan dan bagian dari akhir suatu kegiatan
6. Baca kembali urutannya, jika ada yang kurang tambahkan dan jika da urutan logisnya yang 
    terbalik balikla.
 


C. Definisi Flowchart
Flowchart adalah suatu penyajian algoritma yang dituangkan dalam bentuk diagram alir dengan ketentuan setiap diagramnya memiliki arti dan fungsi. Flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dalam tampilan simbol-simbol.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan saran anda, GBU