header_ku

Senin, 22 Mei 2017

BAHAN UAS KELAS XI 02 2017



BAHAN UAS KELAS XI
SEMESTER  GENAP
TAHUN AJARAN 2016/2017

Fasilitas yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara vertikal dan horisontal adalah Scroll Bar. Scrollbar Vertikal digunakan untuk menggeser tampilan secara vertikal, sedangkan Scrollbar Horisontal digunakan untuk menggeser tampilan secara horisontal.
Pilihan metode penyisipan shift cells rights digunakan untuk Memindahkan data yang disorot ke sebelah kanan dan menyisipkan sel kosong di tempat itu
gambar berikut ini, urutan dari bagian bagian sel yang benar adalah sebagai berikut 




Maksud dari posisi dimana P20 berada disebut sebagai Name Cell. Definisi Sel adalah Pertemuan atau perpotongan antara baris dan kolom. Perhatikan gambar berikut ini dengan seksama TERUTAMA BAGIAN BARIS FORMULA yang berisi Isi sel yang sesungguhnya, maka Isi sel dari A2 adalah NEGARA ADI KUASA



Definisi Range adalah Sekumpulan beberapa sel yang saling berdekatan dan memiliki interfal tertentu
Bentuk kesalahan (Error) dalam aplikasi Microsoft Office Excel #DIV/0! Adalah menyatakan kesalahan yang disebabkan oleh rumus pembagian membagi angka nol atau kosong
Formula p252 seperti yang digunakan dalam Microsoft Excel berikut ini adalah  =PI()*25^2, perhatikan perbedaan kedua formulanya.
Menyelesaikan rumus yang begitu sulit, dapat digunakan fungsi dalam aplikasi Microsoft Office Excel, sedangkan untuk rumus-rumus yang tidak begitu sulit dapat digunakan formula. Perbedaan pengertian dari kata Fungsi dan Formula dalam Microsoft Office Excel sebenarnya adalah formula merupakan rumus yang disediakan oleh aplikasi Microsoft Office Excel dan fungsi merupakan rumus yang dibuat sendiri oleh pengguna. Formula sel dari =A1+A2+A3+A4+A5/5 dalam Microsoft Office Excel, dapat digunakan untuk menghitung rata-rata data. Perhatikan formula berikut ini dengan seksama! Diketahui Formula sel dari =A1+A2+A3+A4+A5/5 dalam Microsoft Office Excel, dapat juga disederhanakan dengan fungsi =AVERAGE(A1:A5). Perhatikan tampilan pada gambar berikut ini!
 
Agar pada sel B1 muncul tampilan 1+2+3+4=10 tersebut, maka fungsi yang tepat digunakan adalah . . ,

=LEFT(A1;1)&"+"&MID(A1;2;1)&"+"&MID(A1;3;1)&"+"&RIGHT(A1;1)&"="&LEFT(A1;1)+   MID(A1;2;1)+ MID(A1;3;1)+RIGHT(A1;1)
Ikon  𝚺 seperti ini sering digunakan dalam Aplikasi Microsoft Office Excel. Fungsi dari ikon tersebut digunakan untuk fungsi SUM. Saat anda mengurutkan data seperti 001 pada aplikasi Microsft Office Excel, maka yang pertama anda lakukan adalah Mengetik symbol (¢) sebelum 001 dan tekan tombol enter

Ikon 𝛀 seperti ini sering digunakan dalam Aplikasi Microsoft Office Excel. Fungsi dari ikon tersebut digunakan untuk fungsi Symbol. Perhatikan gambar berikut ini dengan seksama.

Isi sel dari B2 adalah. INDONESIA RAYA MERDEKADiketahui rumus dari Microsoft Office Excel seperti berikut ini!
                                                =AND(NOT(B3);OR(NOT(A3);AND(B3;A3)))
Maka rumus matematika yang tepat seperti rumus dari Microsoft Excel tersebut adalah



Perhatikan gambar berikut ini dengan seksama.


Fungsi teks yang tepat digunakan agar isi sel dari A7 akan muncul kata INDON adalah =LEFT(A1;5)
Nama sel bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Manfaat dari mengubah nama sel adalah Mempermudah mencari tabel yang telah diberi nama dengan perintah Go To
Perhatikan gambar berikut ini dengan seksama.


Untuk menggabungkan KODE 1 dengan KODE 2 seperti yang tampil pada kolom KODE GABUNGAN, maka fugsi yang digunakan adalah Teks dengan symbol &. Penulisan fungsi yang benar seperti gambar tersebut, adalah =IF(AND(B3<>"";C3<>"");LEFT(B3;6)&"-"&RIGHT(C3;5);"") .
Formula sel dari =A1+A2+A3+A4+A5/5 dalam Microsoft Office Excel, dapat disederhanakan dengan menggunakan fungsi
=AVERAGE(A1:A5)/5                       
Untuk mengurutkan data tabel angka dari data terbesar sampai dengan data yang terkecil, maka perintah yang digunakan adalah peribtah DESCENDING. Perintah untuk mencari data dalam suatu tabel pada kolom tertentu, maka perintah yang digunakan adalah Fillter Data. Perhatikan gambar berikut ini dengan seksama!




Untuk menampilkan hasil seperti pada kolom B, maka perintah yang digunakan adalah Data, Validation, List 


Untuk menyimpan file Microsoft Office Excel dengan nama yang baru, perintah yang digunakan adalah
Save As. Perhatikan rumus matematika berikut ini!         Formula yang paling tepat digunakan dalam Microsoft Excel berikut ini adalah =25^(1/2) Membuka file Microsoft Office Excel yang sudah pernah disimpan sebelumnya, perintah yang digunakan adalah Open.Perintah menyimpan file Microsoft Office Excel yang sudah pernah disimpan sebelumnya adalah Save. Perhatikan gambar diatas, yaitu pada sel C6, memformat tanggal yang benar adalah dd-mmm-yyy. Yang paling efektif untuk memindahkan sheet dari posisinya ke posisi lain adalah move or copy    
Pengertian dari Workbook pada aplikasi Microsoft Office Excel adalah, file yang dapat diedit/diubah isinya,  Buku kerja
kumpulan worksheet, Terdiri atas komponen pendukung. Pengertian dari Worksheet pada aplikasi Microsoft Office Excel adalah Lembar kerja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan saran anda, GBU