header_ku

Jumat, 25 November 2011

Pembahasan Bahan Persiapan ULUM TIK XI


Pengertian dari Internet yang paling benar adalah Jaringan global yang online menghubungkan jutaan komputer untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dan digunakan untuk saling berkomunikasi

Pelopor  internet dunia dimulai dari proyek bernama  ARPANET adalah DARPA. Jadi nama proyeknya ARPANET dan Nama Pelopornya DARPA












Tahun dimulainya internet Dunia adalah Tahun 1962

Internet Indonesia dimulai pada tahun 1988 di Jakarta tepatnya Kampus UI (Universitas Indonesia)

Peralatan yang digunakan untuk  terhubung ke jaringan global adalah Modem
               
Fungsi modem adalah Mengubah sinyal dari analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya

Definisi jaringan komputer adalah Dua atau lebih komputer saling terhubung melalui jalur wireline atau wireless untuk saling berkomunikasi dan untuk saling memberikan informasi sebanyak-banyak dalam jangka waktu yang lebih efisien

Jaringan komputer jika diketahui dari cara aksesnya, maka jaringan tersebut dapat dibagi menjadi  3 jenis          


Jaringan komputer jika diketahui dari area atau jarak jangkauannya, maka jaringan tersebut dapat dibagi menjadi  5 jenis


Jaringan komputer Jenis LAN dapat dibagi menjadi beberapa type/topologi, yaitu 5 type


Perhatikan gambar berikut di bawah ini, gambar tersebut jika ditinjau dari cara akses termasuk jenis jaringan Peer to peer Namun  jika ditinjau dari luas area/jangkauannya termasuk jenis jaringan Mesh 












Jenis kabel Jaringan yang paling banyak digunakan adalah kabel belden. Nama lain dari kabel belden adalah UTP atau STP atau Typenya RJ-45  sedangkan Type kabel modem telpon  adalah type  RJ-11


































Tolong di hafal warna kabelnya


Jenis/tipe jaringan yang termasuk dari ciri jangkauan dan luas areanya yang lengkap dan paling benar Star, Bus, Starbus, Mesh, Ring.















Topologi Star (Bintang)

















Topologi Bus

























Topologi Tree atau Star-Bus



Topologi Mesh















Topologi Ring


Fungsi dari Switch adalah Mengirim paket data dan menunggu antrian data yang terakses dengan memfilternya

 














Switch 48 port. Tidak percaya hitung sendiri!

 
Fungsi dari Router adalah membagi jaringan menjadi beberapa kelompok jaringan serta mampu membentuk jaringan WAN.

TCP kepanjangan dari Transmission Control Protocol


IP kepanjangan dari Internet Protocol

Kode IP standart atau IP klas C atau IP Umum adalah 192.186.0.0                                        

Kode Subnetmask standart atau subnetmask klas C atau subnetmask Umum adalah 255.255.255.0       

ISP  adalah Jasa layanan internet       




Selasa, 22 November 2011

MATERI PERSIAPAN ULUM KELAS XI SEMESTER 3- 2011


1.       Tahun Sejarah Internet Dunia, Lembaga/Departemen, Nama Proyeknya
2.       Tahun Sejarah Internet Indonesia, Nama Kota, dan Nama Institusinya
3.       Definisi Internet dan Jaringan Komputer
4.       Peralatan Internet dan Peralatan Jaringan Komputer (fungsinya) :
a.       Modem
b.      Switch
c.       Hub
d.      Router
e.      Repeater
5.       Jenis-jenis Kabel Jaringan Komputer :
a.       UTP/Belden/RJ-45
b.      Telpon/Modem/RJ-11
c.       Coaxial
d.      Fiber Optic
6.       Pengelompokkan Jaringan Komputer :
a.       Berdasarkan Cara Aksesnya :
                                                               i.      Peer to peer
                                                             ii.      Client – Server
                                                            iii.      Host Terminal
b.      Berdasarkan Luas Jangkauannya :
                                                               i.      LAN
1.       Bus
2.       Star
3.       Star – Bus atau Tree
4.       Mesh
5.       Ring
                                                             ii.      MAN
                                                            iii.      WAN
                                                           iv.      Internet
                                                             v.      Intranet/Extranet
7.       Singkatan dan kepanjangan serta istilah-istilah internet dan jaringan :
a.       FTP, TCP/IP, DNS, DHCP              
b.      HTML, URL, WWW, ISP                 
c.       Shell Conection, Point to Point Protocol, Dedicated Conection, Dial Up Conection
d.      WiFi, MODEM, VSAT, WAP, WIMAX
e. Login, Logout, Download, Upload, Signin, Signout
f. Subnetmusk, getway
8.       Jenis-jenis koneksi beserta skemanya
a.       Koneksi ke Internet
                                                               i.      Dial Up Conectio
                                                             ii.      Dedicated Conection
b.      Koneksi antar ISP
                                                               i.      Shell Conection
                                                             ii.      PPP Conction
c.       Aplikasi koneksi internet
                                                               i.      Browsing
1.       Mozilla FF
2.       Opera
3.       Internet Explore
                                                             ii.      Search
1.       Google
2.       Yahoo
3.       Lycos
4.       Excite


Salam Dari LabKomp
TIK

Selasa, 01 November 2011

MATERI_KELAS X

PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER


I. PENDAHULUAN

Tujuan Mempelajari Hardware Komputer :
1. Siswa diharapkan mampu mengelompokkan dan membedakan hardware berdasarkan fungsinya
2. Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsi kerjanya

Manfaatnya :
Mempelajari hardware komputer dengan kemampuan mengelompokkan, membedakan serta mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya, siswa memperoleh bekal dasar pengetahuan yang dapat dipergunakan dalam studi lanjut keperguruan tinggi.

Pengelompokkan Hardware
Hardware komputer dibagi menjadi 2 bagian, yaitu main device dan peripheral.

 Main device computer terbagi atas :
1. Input device,
2. Output device, dan 
3. Processing device.

Perhatikan skema berikut ini :


bagian dari output device


bagian processing device


bagian input device



Berikut contoh dari Hardware Main Device
















Peripheral computer terbagi atas :
1. Input peripheral,
2. Output peripheral, dan
3. Media pheripheral


               
















Berikut contoh dari Hardware Peripheral

1. Hardware Input Peripheral


































2. Hardware Media Peripheral


































Ada perbedaan antara peralatan media tambahan dengan peralatan media pada Main Device. Disinilah peranan pengelompokkan hardware agar kita mudah mengklasifikasi atau menentukan jenis hardware yang digunakan.

3. Hardware Output Peripheral


































Kita sudah mengelompokkan dan membagi beberapa bagian dari kelompoknya masing-masing peralatan tambahan (Peripheral), sekarang marilah kita tinjau dulu Hardware Main Device. 

Mengenal Jenis-Jenis Monitor


















Ups...sorry, nih materi sudah ada sejak tahun 2010 alias materi tahun lalau, he..he..ngga apa-apa yang penting elmunya, okayou? Lanjut.......... eh ntar dulu, kok beda dengan buku paketnya? nah ini dia...manusia jangan jadi diktator (manusia diktat) kacian delu.....buku paket itu hanyalah acuan kita untuk mengembangkan materi yang ada. Neh...internet dan Mbah google, NyiYahoo ada aja disana membantu anda. ini bukan jaman katak dalam tempurung bro.... jaman Explorasi dan Rekonstruksi.
Okay, Jenis-jenis monitor...buanyak banar tuh slide kada cukup mengidentifikasi jenis-jenisnya. Seperti kembali ke sejarah komputer aja.

 Jenis-Jenis Monitor CRT


















Berikut tabel sederhananya buat siswa yang pengentahu perkembangan monitornya

















Berikut juga tampilan monitor yang disebut sebagai monitor monochrom MDA dan EGA

















Berikut dibawah ini merupakan kelompok monitor CRT berwarna (Color) dengan jenis Flet


















ada beberapa jenis monitor CRT Flat, yaitu berikut di bawah ini




















Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS KELOMPOK KELAS XI IPA/IPS

Tujuan
Diharapkan siswa mampu membuat blog, twitter, skype, myspace, Halloo, Yahoo Koprol, dan Facebook dengan setingan tampilan yang baru, informatif dan mampu bekerja sama dalam tim kelompok induk yang telah dibentuk sendiri sehingga setiap siswa mengetahui cara-cara penggunaan aplikasi dalam internet untuk mampu saling berkomunikasi, dan berbagi informasi sebanyak-banyaknya.

Tugas yang Diberikan
Setiap kelompok mencabut undi untuk penentuan tugas yang harus dikerjakan. tidak ada yang ditentukan oleh guru namun guru hanya memberikan batas apalikasi yang harus dikerjakan siswa berdasarkan apa yag diketahui oleh siswa dan pengalaman siswa dalam berinternet.

Ketentuan Tugas
Setiap anggota kelompok harus aktif dan mampu bekerja sama
Siswa dalam kelompok yang tidak mampu bekerja sama, tidak dicantumkan namanya saat di posting ke blog guru TIK di http://www.e-danaku.blogspot.com
Batas waktu pengerjaan sesuai undian yang didapatkan adalah 3 minggu dari saat pencabutan undian. Jika lewat dari batas waktu yang ditentukan akan mendapat pengurangan nilai baik afektif maupun kognitifnya serta psikomotoriknya.
Hasil tugas harus dipresentasikan dalam powerpoint atau langsung pada tampilan aplikasinya via internet.

Kelompok yang tidak mampu mempresentasikan dengan alasan yang tidak jelas/tepat akan mendapat pengurangan nilai (contoh: alasan tertinggal, lupa, malas, dll)

Penutup
Demikian tugas kelompok ini harus segera di kerjakan, atas perhatian dan responnya diucapkan terima kasih

Banjarmasin, 13 Oktober 2011
Guru TIK
ttd.

Y. Suryonawantoro

TUGAS PERORANGAN KELAS XI IPA DAN IPS

Membuat Blog
Setiap siswa kelas XI wajib membuat dan memilki blog dengan menggunakan blogger.com

Persyaratan Blog:
Blog wajib dibuat sendiri oelh setiap siswa dan tidak dibuatkan oleh teman atau orang lain
Blog yang telah dibuat minimal berisi 1 artikel
Blog yang sudah jadi akan dinilai dengan kriteria (interface, isi, hyperlink, profil diri, dan kerapian dan kejelasan)
Pada tampilan blog harus termuat profil diri siswa bersama dengan foto diri siswa (sopan,jelas, dan etis)
Blog yang sudah jadi harus melaporkan (posting) ke blok guru TIK ke http://www.e-danaku.blogspot.com
degan kalimat teks "Lihat blog saya di http://www.[nama_blog].blogspot.com".
Waktu posting selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sebelum ULUM (ulangan umum).
Setiap siswa wajib menghafal nama blognya sendiri, jika ditanya lisan oleh guru TIK

Sanksi dan Penilaian
Siswa yang tidak membuat blog sesuai dengan persyaratan yang diberikan akan mendapat sanksi pengurangan nilai.
Apa bila tidak membuat blog sma sekali dan tidak memberitahukan alasan, maka nilai siswa dianggap tidak tuntas pada penugasan ini.
Kriteria penilaian seperti dijelaskan sebelumnya akan menentukan nilai siswa.
Seandainya siswa hanya membuat blog dengan judul dan profil saja tanpa ada isi artikel, maka siswa akan dinilai sesuai dengan KKM, dan jika siswa membuat blog lengkap dan memiliki interface yang bagus, akan dipanggil untuk dimintai keterangan proses pembuatannya dan jika siswa mampu memberikan penjelasan dengan baik, maka akan diberi nilai 100.

Banjarmasin, 13 Oktober 2011
Guru TIK
ttd.
Y. Suryonawantoro

Jumat, 30 September 2011

Pekerjaan Rumah Kelas X

Petunjuk:
1. Siswa wajib mengerjakan dan menjawab soal ini melalui e-mail dan cukup melaporkan pada blog ini bahwa PRnya sudah dikerjakan beserta lampirannya (jika ada)
2. Setiap siswa yang menjawab, harus dan wajib mencantumkan nama lengkap siswa, Nomor Induk Siswa, Kelas siswa dan e-mail siswa (tidak nebeng e-mail teman)
3. Siswa bebas mencari (searching) di internet situs web yang berkaitan dengan soal Pekerjaan Rumah ini.

Soal
1. Sebutkan definisi dari Algoritma!
2. Jelaskan perbedaan penerapan antara algoritma, flowchart, dan pseudocode
3.Carilah bilangan desimal jika bilangan binernya bernilai 00101011 (dijawab sesuai prosedur perhitungan, tidak langsung hasilnya)
4. Berdasarkan 3 input yang terdiri dari gerbang Logika AND, yaitu input A = 1 dan Input B = 1, dan hasil dari gerbang AND bernilai X sebagai input Gerbang XNOR dan input ke tiga adalah C = 0; maka berapakah hasil output (Z)nya? (buat tabel kebenarannya)



 Gbr. 1. Gerbang Logika
 Catatan: cari dulu nilai X kemudian gabungkan dengan C akan menghasilkan Z


5. Gambarkan symbol gerbang logika NOT, XNAND, NAND, dan NOR