header_ku

Selasa, 24 Februari 2015

BAHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH


Kelas X
Peralatan Utama (Main Device) Komputer
Input = Keyboard dan Mouse
Proses = CPU (Central Processing Unit)
Output = Monitor

Proses siklus informasi dalam suatu system komputer adalah sebagai berikut :
1). Siklus sederhana = Input, Proses, dan Output 
     Siklus ini hanya berlangsung sekali dan searah.


2). Siklus Sederhana Terkendali = Looping ( User, Input, Proses, dan Output)

     Siklus ini berulang dan dikendalikan oleh User. Saat User menghentikan proses Looping, sederhana. Dikatakan  sederhana karena siklus yang dilakukan/ yang dikerjakan oleh User hanya terdiri atas tiga unsur, yaitu Input Proses dan Output.


3). Siklus Lengkap tidak Terkendali = Looping ( Origination, Input, Proses, Output, dan Distribution)
     Siklus ini berulang (Looping) tidak ada yang mengendalikan. Siklus ini tidak akan pernah berhenti sampai ada yang menghentikannya.


 4). Siklus Lengkap Terkendali = Looping ( User, Origination, Input, Proses, Output, dan Distribution)
      Siklus ini mirip dengan siklus sederhana terkendali, bedanya hanya ada pada Origination dan Distribution. User mengendalikan seluruh siklus yang terjadi. Origination artinya menyiapkan kelengkapan input berupa data, sedangkan Distribution yang dimaksud adalah hasil Output didistribusikan/disebarkan /diedarkan/dibagikan untuk siklus yang berikutnya oleh User yang mengendalikannya


 5). Siklus Lengkap Terkendali dengan Penyimpanan Data
       = Looping ( User, Origination, Input, Proses - Memory dan Sorage, Output, dan Distribution)


PERHITUNGAN SYSTEM BILANGAN
DESIMAL, BINER, OKTAL, DAN HEXADESIMAL

Tujuan mempelajari system bilangan adalah untuk  mengetahui dasar-dasar kinerja dengan bahasa tingkat rendah dari komputer elektronik. Melatih siswa untuk mampu berpikir secara analisis prosedural dan sistematis.
Berikut tabel konversi antar system bilangan yang akan dibahas.


A.      BILANGAN BINER
Bilangan biner merupakan system bilangan yang digunakan dalam bahasa mesin elektronik yang hanya dikenal dua system, yaitu kondisi mati  (Off) dan kondisi menyala (On), atau Satu (1) dan Nol (0). Merupakan suatu system bilangan yang berbasiskan 2 (tiap bilangan dalam sistem tersebut dikalikan dengan 2x), terdiri dari angka 0 dan 1.

Lambang bilangan biner hanya terdiri dari 2 digit, yaitu angka 1 dan angka 0
1 = On ;  0 = Off
Satuan dari biner adalah bit (binari digit). Digit bilangan biner disebut binary digit atau bit. Empat bit dinamakan nibble. Delapan bit dinamakan byte. Sejumlah bit yang terdiri dari karakter berupa huruf, angka atau lambing khusus dinamakan word.

System operasi bilangan biner adalah sebagai berikut :
0 + 0 = 0
1 + 0 = 1
0 + 1 = 1
1 + 1 = 0 simpan 1

Keterangan :
Karena bilangan  biner hanya terdiri dari 2 digit, yaitu 1 dan 0. Maka 1 + 1 harus kembali ke angka 0 tetapi menyimpan 1.



Lebih jelasnya Operasi Matematika system bilangan biner berikut ini kita coba.


Hasilnya adalah                 1011 (2)
Ciri suatu bilangan biner adalah adanya tambahan subskrip bin (biner) atau 2 di akhir suatu bilangan. Angka (2) setelah angka biner merupakan tanda atau isyarat dari bilangan biner dan bukan bilangan desimal. Sedangkan angka 1 berwarna merah merupakan pernyataan hasil simpan 1 dari proses penjumlahan 1 + 1. Contoh: 1010011bin = 1010011(2).
Pada prinsipnya system bilangan biner merupakan jembatan bagi bilangan-bilangan lainnya. Karena bilangan biner merupakan jembatan dari seluruh bilangan, maka skemanya adalah sebagai berikut :


Maksudnya adalah system bilangan desimal yang jika diubah menjadi bilangan hexadesimal akan mudah diselesaikan/diproses/eksekusi untuk mendapatkan hasil akhirnya.
System bilangan biner (radiks=2, digit={0, 1}) jika diuraikan dalam suatu perkalian basis dua menjadi basis desimal/10, maka hasilnya akan menjadi seperti ini

            100112  =  1 ´ 16 + 0 ´ 8 + 0 ´ 4 + 1 ´ 2 + 1 ´ 1  =  1910
Representasi bilangan biner bulat m bit adalah sebagai berikut, (bm-1, … bi, … , b1, b0) dengan bi  B Sehingga suatu bilangan biner m bit akan mempunyai nilai:

Berikut tabel konversi Biner ke Desimal


Tabel tersebut jika kondisi nilai binernya seluruhnya 11111111 maka nilai desimalnya adalah 255


A.      BILANGAN DESIMAL
Representasi bilangan pecahan desimal (dm-1, ... di, ..., d1, d0, d-1, ..., dn) dengan di  D.
Sehingg suatu bilangan desimal pecahan akan mempunyai nilai:














Selasa, 27 Januari 2015

RAHASIA LOH....

Senin, 29 Desember 2014

RENCANA PEMBELAJARAN KELAS X, XI DAN XII

PEMELAJARAN MATA PELAJARAN TIK
KELAS X, XI, DAN XII

Sehubungan dengan Surat Edaran Nomor Surat 179342/MPK/KR/2014 dan Permen Dikbud No.160 Tahun 2014, K-2006 diberlakukan di sekolah-sekolah yang baru melaksanakan 1 s.d 2 semester (matrikulasi), maka mapel TIK diberlakukan kembali. Mau tidak mau, suka tidak suka harus dijalani. Dua dokumen ini bukan dokumen main-main karena berlogo Pancasila.
Mengingat pada semester ganjil 2014, belum melaksanakan K-6 karena melaksanakan K-13 yang mana K-13 mapel TIK dan Bahasa Asing ditiadakan/dihapuskan, maka dengan ini berdasarkan dua dokumen tersebut; rencana materi, buku pelajaran, dan LKS/LKPD akan dimuat dalam Weblog (blog) ini.

Sumber dan Bahan Ajar
1. Buku Paket atau Buku Pegangan siswa dan guru
    a. Kelas X Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi
    b. Kelas XI Sadiman; Teknologi Informasi dan Komunikasi
 
2. Buku referensi lainnya
    a. Kelas X Sadiman, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syamsuardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Melwin Syafrizl Daulay, Mengenal Hardware . Software dan pengelolaan Instalasi Komputer; F. Soesianto dan Djoni Dwijono, Logika Matematika untuk Ilmu Komputer; Shelly, Cashman, Vermaat, Thompson, Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3; Internet

    b. Kelas XI Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syam Suardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Irfan Junaidi, MMI Ahyani, Khairul Ummah, Ensiklopedia Telekomunikasi Seluler; Internet


3. Materi Semester ganjil yang belum diajarkan pada :
    a. Kelas X :
        Bab 1. Operasi Dasar Komputer dan Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
                   1.1. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai dengan Prosedur
                   1.2. Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
                   1.3. Penggunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Sistem Operasi
     
        Bab 2. Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan TIK
                   2.1. Fungsi Komputer dan Peralatan TIK
                   2.2. Pengantar TIK
                   2.3. Perangkat Keras Komputer

        Bab 3. Jaringan Telekomunikasi dalam TIK
                   3.1. Fungsi & Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi
                   3.2. Jarkomp. untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi
                   3.3. Fungsi & Cara Kerja Perangkat Lunak Aplikasi TIK

        Bab 4. Ketentuan & Aturan dalam Menggunakan TIK
                   4.1. Etika & Moral dalam Menggunakan TIK
                   4.2. Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)
                   4.3. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

b. Kelas XI IPA & IPS :
        Bab 1. Perangkat Keras Internet
                   1.1. Seluk Beluk Perkembangan Internet
                   1.2. Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet
                   1.3. Deskripsi Peran ISP
                   1.4. Mendeskripsikan User ID dan Password
                   1.5. Setup Modem Dial Up
     
        Bab 2. Browser Internet
                   2.1. Mendeskripsikan Cara Akses Internet
                   2.2. Mempraktikan Akses Internet

        Bab 3. Surat Elektronik/E-Mail
                   3.1. Surat Elektronik/E-Mail
                   3.2. Mailing List
                   3.3. Chating dengan Internet

b. Kelas XI IPA & IPS :
    Wajib siswa siswi kelas XII IPA dan IPS SMA Frater Don Bosco Banjarmasin sebagai bahan referensi pembelajaran
    https://www.youtube.com/watch?v=-9dA3uNGEeU
    https://www.youtube.com/watch?v=n3L0Xu7C1gw
    https://www.youtube.com/watch?v=dwkwmxSBfc4
    https://www.youtube.com/watch?v=-9dA3uNGEeU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6
    https://www.youtube.com/watch?v=Y4-R7JsSBgU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6&index=3