header_ku
Selasa, 27 Januari 2015
RAHASIA LOH....
Saya 8 bersaudara dan saya anak ke 6. Kami 4 bersaudara laki-laki dan 4 bersaudara perempuan
Saya pernah SD di SDRK St. Fransiscus Xaferius Palu, Tamat SD di SDN Pembina Luwuk, pernah SMN 1 Luwuk, Pernah SMPN 3 Palu, dan Tamat di SMPN 4 Palu, Menamatkan SMAN 1 Palu, Pernah di LPA Akprind Yogyakarta 7 Bln, Pernah DIII Teknik Sipil di UNTAD Palu, Pernah Kerja di Konsultan CV. Tritunggal Jakarta sebagai tenaga Teknis, Pernah di PT. Karya Baru Makmur Palu sebagai tenaga Quantitiy, Pernah Wirausaha Komputer, Saat ini Kerja sebagai Guru TIK di SMA Frater "Don Bosco" Banjarmasin dan Kuliah di STMIK BJB Banjarmasin
Senin, 29 Desember 2014
RENCANA PEMBELAJARAN KELAS X, XI DAN XII
PEMELAJARAN MATA PELAJARAN TIK
KELAS X, XI, DAN XII
Sehubungan dengan Surat Edaran Nomor Surat 179342/MPK/KR/2014 dan Permen Dikbud No.160 Tahun 2014, K-2006 diberlakukan di sekolah-sekolah yang baru melaksanakan 1 s.d 2 semester (matrikulasi), maka mapel TIK diberlakukan kembali. Mau tidak mau, suka tidak suka harus dijalani. Dua dokumen ini bukan dokumen main-main karena berlogo Pancasila.
Mengingat pada semester ganjil 2014, belum melaksanakan K-6 karena melaksanakan K-13 yang mana K-13 mapel TIK dan Bahasa Asing ditiadakan/dihapuskan, maka dengan ini berdasarkan dua dokumen tersebut; rencana materi, buku pelajaran, dan LKS/LKPD akan dimuat dalam Weblog (blog) ini.
Sumber dan Bahan Ajar
1. Buku Paket atau Buku Pegangan siswa dan guru
a. Kelas X Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi
b. Kelas XI Sadiman; Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Buku referensi lainnya
a. Kelas X Sadiman, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syamsuardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Melwin Syafrizl Daulay, Mengenal Hardware . Software dan pengelolaan Instalasi Komputer; F. Soesianto dan Djoni Dwijono, Logika Matematika untuk Ilmu Komputer; Shelly, Cashman, Vermaat, Thompson, Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3; Internet
b. Kelas XI Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syam Suardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Irfan Junaidi, MMI Ahyani, Khairul Ummah, Ensiklopedia Telekomunikasi Seluler; Internet
3. Materi Semester ganjil yang belum diajarkan pada :
a. Kelas X :
Bab 1. Operasi Dasar Komputer dan Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
1.1. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai dengan Prosedur
1.2. Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
1.3. Penggunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Sistem Operasi
Bab 2. Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan TIK
2.1. Fungsi Komputer dan Peralatan TIK
2.2. Pengantar TIK
2.3. Perangkat Keras Komputer
KELAS X, XI, DAN XII
Sehubungan dengan Surat Edaran Nomor Surat 179342/MPK/KR/2014 dan Permen Dikbud No.160 Tahun 2014, K-2006 diberlakukan di sekolah-sekolah yang baru melaksanakan 1 s.d 2 semester (matrikulasi), maka mapel TIK diberlakukan kembali. Mau tidak mau, suka tidak suka harus dijalani. Dua dokumen ini bukan dokumen main-main karena berlogo Pancasila.
Mengingat pada semester ganjil 2014, belum melaksanakan K-6 karena melaksanakan K-13 yang mana K-13 mapel TIK dan Bahasa Asing ditiadakan/dihapuskan, maka dengan ini berdasarkan dua dokumen tersebut; rencana materi, buku pelajaran, dan LKS/LKPD akan dimuat dalam Weblog (blog) ini.
Sumber dan Bahan Ajar
1. Buku Paket atau Buku Pegangan siswa dan guru
a. Kelas X Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi
b. Kelas XI Sadiman; Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Buku referensi lainnya
a. Kelas X Sadiman, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syamsuardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Melwin Syafrizl Daulay, Mengenal Hardware . Software dan pengelolaan Instalasi Komputer; F. Soesianto dan Djoni Dwijono, Logika Matematika untuk Ilmu Komputer; Shelly, Cashman, Vermaat, Thompson, Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3; Internet
b. Kelas XI Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syam Suardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Irfan Junaidi, MMI Ahyani, Khairul Ummah, Ensiklopedia Telekomunikasi Seluler; Internet
3. Materi Semester ganjil yang belum diajarkan pada :
a. Kelas X :
Bab 1. Operasi Dasar Komputer dan Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
1.1. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai dengan Prosedur
1.2. Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
1.3. Penggunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Sistem Operasi
Bab 2. Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan TIK
2.1. Fungsi Komputer dan Peralatan TIK
2.2. Pengantar TIK
2.3. Perangkat Keras Komputer
Bab 3. Jaringan Telekomunikasi dalam TIK
3.1. Fungsi & Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi
3.2. Jarkomp. untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi
3.3. Fungsi & Cara Kerja Perangkat Lunak Aplikasi TIK
3.1. Fungsi & Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi
3.2. Jarkomp. untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi
3.3. Fungsi & Cara Kerja Perangkat Lunak Aplikasi TIK
Bab 4. Ketentuan & Aturan dalam Menggunakan TIK
4.1. Etika & Moral dalam Menggunakan TIK
4.2. Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)
4.3. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
b. Kelas XI IPA & IPS :
4.1. Etika & Moral dalam Menggunakan TIK
4.2. Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)
4.3. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
b. Kelas XI IPA & IPS :
Bab 1. Perangkat Keras Internet
1.1. Seluk Beluk Perkembangan Internet
1.2. Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet
1.3. Deskripsi Peran ISP
1.4. Mendeskripsikan User ID dan Password
1.5. Setup Modem Dial Up
Bab 2. Browser Internet
2.1. Mendeskripsikan Cara Akses Internet
2.2. Mempraktikan Akses Internet
Bab 3. Surat Elektronik/E-Mail
3.1. Surat Elektronik/E-Mail
3.2. Mailing List
3.3. Chating dengan Internet
b. Kelas XI IPA & IPS :
Wajib siswa siswi kelas XII IPA dan IPS SMA Frater Don Bosco Banjarmasin sebagai bahan referensi pembelajaran
1.1. Seluk Beluk Perkembangan Internet
1.2. Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet
1.3. Deskripsi Peran ISP
1.4. Mendeskripsikan User ID dan Password
1.5. Setup Modem Dial Up
Bab 2. Browser Internet
2.1. Mendeskripsikan Cara Akses Internet
2.2. Mempraktikan Akses Internet
Bab 3. Surat Elektronik/E-Mail
3.1. Surat Elektronik/E-Mail
3.2. Mailing List
3.3. Chating dengan Internet
b. Kelas XI IPA & IPS :
Wajib siswa siswi kelas XII IPA dan IPS SMA Frater Don Bosco Banjarmasin sebagai bahan referensi pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=-9dA3uNGEeU
https://www.youtube.com/watch?v=n3L0Xu7C1gw
https://www.youtube.com/watch?v=dwkwmxSBfc4
https://www.youtube.com/watch?v=-9dA3uNGEeU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6
https://www.youtube.com/watch?v=Y4-R7JsSBgU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6&index=3
https://www.youtube.com/watch?v=n3L0Xu7C1gw
https://www.youtube.com/watch?v=dwkwmxSBfc4
https://www.youtube.com/watch?v=-9dA3uNGEeU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6
https://www.youtube.com/watch?v=Y4-R7JsSBgU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6&index=3
Saya 8 bersaudara dan saya anak ke 6. Kami 4 bersaudara laki-laki dan 4 bersaudara perempuan
Saya pernah SD di SDRK St. Fransiscus Xaferius Palu, Tamat SD di SDN Pembina Luwuk, pernah SMN 1 Luwuk, Pernah SMPN 3 Palu, dan Tamat di SMPN 4 Palu, Menamatkan SMAN 1 Palu, Pernah di LPA Akprind Yogyakarta 7 Bln, Pernah DIII Teknik Sipil di UNTAD Palu, Pernah Kerja di Konsultan CV. Tritunggal Jakarta sebagai tenaga Teknis, Pernah di PT. Karya Baru Makmur Palu sebagai tenaga Quantitiy, Pernah Wirausaha Komputer, Saat ini Kerja sebagai Guru TIK di SMA Frater "Don Bosco" Banjarmasin dan Kuliah di STMIK BJB Banjarmasin
Sabtu, 13 Desember 2014
PENGUMUMAN HASIL UAS KELAS XII
Saya 8 bersaudara dan saya anak ke 6. Kami 4 bersaudara laki-laki dan 4 bersaudara perempuan
Saya pernah SD di SDRK St. Fransiscus Xaferius Palu, Tamat SD di SDN Pembina Luwuk, pernah SMN 1 Luwuk, Pernah SMPN 3 Palu, dan Tamat di SMPN 4 Palu, Menamatkan SMAN 1 Palu, Pernah di LPA Akprind Yogyakarta 7 Bln, Pernah DIII Teknik Sipil di UNTAD Palu, Pernah Kerja di Konsultan CV. Tritunggal Jakarta sebagai tenaga Teknis, Pernah di PT. Karya Baru Makmur Palu sebagai tenaga Quantitiy, Pernah Wirausaha Komputer, Saat ini Kerja sebagai Guru TIK di SMA Frater "Don Bosco" Banjarmasin dan Kuliah di STMIK BJB Banjarmasin
Minggu, 30 November 2014
BAHAN ULANGAN UMUM TIK KELAS XII SEMESTER GANJIL tahun 2018
Software pengolah gambar bitmap adalah, Microsoft Picture It, Corel PhotoPaint, Microsoft Paint, dan Photoshop
Pernyataan mengenai gambar bitmap yang tepat adalah Ukuran file besar, Terdiri atas titik-titik, Extensinya JPG,BMP,TIF & PNG, dan Pecah jika diperbesar
Di bawah ini merupakan gambar toolbar dari tool box
Hafalakan gambar ikon berikut ini dari flayout Shape free hand tool, beserta nama-namanya
tool-tool berikut, yang digunakan untuk membuat garis/ kur-va adalah Free hand tool, Bezier tool, Pen tool, Polyline tool, Artistic media tool
Membuat Objek menjadi blandtool, ikon dari Interactive bland tool adalah
Membuat Objek seperti dibawah ini, menggunakan perintah Interactive Bland Tool
Untuk Mewarnai objek menjadi uniform fill menggunakan ikon seperti berikut ini
Hasil dari objek yang diwanai dengan menggunakan perintah Uniformfill color adalah seperti berikut
Ikon untuk mencerminkan objek secara vertical seperti berikut di bawah ini
Pusat objek untuk rotasi biasanya ditandai dengan symbol seperti berikut di bawah ini
gambar seperti berikut ini Perintah yang digunakan adalah Fit Text to Part/ Fitting Text Memperoleh teks tanpa bingkai seperti gambar di bawah ini
Memperoleh teks tanpa bingkai seperti gambar di bawah ini
Perintah yang dilakukan adalah mengklik ikon seperti berikut ini
selanjutnya adalah Klik kiri satu kali
Perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama
Gambar persegi panjang, keempat sudutnya berupa sudut siku-siku dan keempat sudutnya dapat diubah menjadi bentuk kurva lengkung teratur dan halus disebut di-rounded-corner
Hafalkan Ikon-ikon dalam property toolbar pada aplikasi Corel Draw 12 atau 11 (dalam buku paket/cetak)
Pada Corel Draw juga terdapat fasilitas untuk mengubah atau memo sisikan teks (baik berupa kalimat maupun kata) menurut posisi yang sesuai dengan bentuk objek persegi, persegi panjang, lingkaran, setengah lingkaran maupun setengah elips. Fasilita ini dinamakan shape tool
Fasilitas menambah objek dari luar adalah mengimport objek yang ter dapat dalam menu utama, yaitu File
Proses transformasi objek saat membuat desain adalah memindahkan objek, memutar objek, me-mirror objek, menggandakan objek (Transformation),
Kombinasi tombol keyboard untuk menggrup objek Ctrl+G
Pernyataan mengenai gambar bitmap yang tepat adalah Ukuran file besar, Terdiri atas titik-titik, Extensinya JPG,BMP,TIF & PNG, dan Pecah jika diperbesar
Di bawah ini merupakan gambar toolbar dari tool box
Hafalakan gambar ikon berikut ini dari flayout Shape free hand tool, beserta nama-namanya
tool-tool berikut, yang digunakan untuk membuat garis/ kur-va adalah Free hand tool, Bezier tool, Pen tool, Polyline tool, Artistic media tool
Membuat Objek menjadi blandtool, ikon dari Interactive bland tool adalah
Membuat Objek seperti dibawah ini, menggunakan perintah Interactive Bland Tool
gambar icon dari Freehandtool adalah sebagai berikut di bawah ini
Gambar berikut di bawah ini menggunakan perintah, yaitu Arange – Transormation dengan sudut 7 derajat pada bagian left up corner
Untuk Mewarnai objek menjadi uniform fill menggunakan ikon seperti berikut ini
Hasil dari objek yang diwanai dengan menggunakan perintah Uniformfill color adalah seperti berikut
Menu-menu
pada halaman pembuka adalah, New from template, Open,
Recently Used, New
Tombol
kombinasi keyboad untuk mengubah objek segi empat menjadi kurva setelah memilih
objek dengan Pick tool Ctrl+Q
Meletakkan
teks pada kurva disebut dengan fitting text
Type file yang dapat
diimport ke dalam Corel Draw, BMP,. PNG,. CDR,. GIF
Ikon untuk mencerminkan objek secara horizontal seperti berikut di bawah ini
Ikon untuk mencerminkan objek secara vertical seperti berikut di bawah ini
Pusat objek untuk rotasi biasanya ditandai dengan symbol seperti berikut di bawah ini
gambar seperti berikut ini Perintah yang digunakan adalah Fit Text to Part/ Fitting Text Memperoleh teks tanpa bingkai seperti gambar di bawah ini
Memperoleh teks tanpa bingkai seperti gambar di bawah ini
Perintah yang dilakukan adalah mengklik ikon seperti berikut ini
selanjutnya adalah Klik kiri satu kali
Gambar persegi panjang, keempat sudutnya berupa sudut siku-siku dan keempat sudutnya dapat diubah menjadi bentuk kurva lengkung teratur dan halus disebut di-rounded-corner
Hafalkan Ikon-ikon dalam property toolbar pada aplikasi Corel Draw 12 atau 11 (dalam buku paket/cetak)
Pada Corel Draw juga terdapat fasilitas untuk mengubah atau memo sisikan teks (baik berupa kalimat maupun kata) menurut posisi yang sesuai dengan bentuk objek persegi, persegi panjang, lingkaran, setengah lingkaran maupun setengah elips. Fasilita ini dinamakan shape tool
Fasilitas menambah objek dari luar adalah mengimport objek yang ter dapat dalam menu utama, yaitu File
Proses transformasi objek saat membuat desain adalah memindahkan objek, memutar objek, me-mirror objek, menggandakan objek (Transformation),
Kombinasi tombol keyboard untuk menggrup objek Ctrl+G
Perhatikan
gambar berikut di bawah ini!
Perintah apakah untuk membuat objek seperti gambar
tersebut adalah Weld. Perhatikan gambar berikut di bawah ini!
Perintah apakah untuk membuat objek seperti gambar
tersebut Front minus back
Weld,Trim
Simplify merupakan perintah-perintah yang dapat ditampilkan dengan Docer Properties
Untuk
memberi warna background di area lembar kerja corel draw pada bulletin anda,
pilihan menu yang tepat, yaitu Layout
Yang
termasuk pengolah gambar vector adalah AutoCAD,.Corel Draw, Freehand, Autodesk sedangkan pengolah gambar raster (bitmap) menggunakan kata-kata kunci Photo/Picture.
Salah satu manfaat dari Docer Windows adalah Menggantikan kotak dialog dengan memudahkan serta
mempercepat pembuatan objek.
Kombinasi tombol keyboard untuk mengopy objek adalah Ctrl + C.
Fungsi dari Clone adalah Mengganda objek sesuai aslinya. Untuk menampilkan Docer diperlukan menu pilihan Properties. Perintah menyimpan file Corel Draw dengan nama yang baru adalah Save As. Type file Corel Draw secara default tersimpan adalah .CDR
Untuk membuat objek lingkaran dengan jari-jari yang sama dapat dilakukan dengan menggunakan perintah CTRL + Ellips. Jenis standart Warna yang digunakan dalam Corel Draw CMYK dan RGB (C= Cyan, M=Magenta, Y=Yellow, K=Black; dan R=Red, G=Green, B=Blue.
Jika menginginkan hanya tampilan warna di monitor saja di tampil-an Corel Draw, sebaiknya menggunakan kombinasi warna yang RGB. Jika menginginkan print out hasil objek gambar di Corel Draw, maka sebaiknya menggunakan kombinasi warna.CMYK
Untuk mengedepankan satu objek saja, digunakan perintah out hasil objek gambar di Corel Draw, maka sebaiknya menggunakan kombinasi warna Forward one. Untuk mengebelakangkan satu objek saja, digunakan perintah Back One. Untuk mengedepankan satu objek saja, digunakan perintah kombinasi tombol keyboard Ctrl+PageUp mbinasi tombol keyboard.
Kombinasi tombol keyboard untuk menduplikasikan objek adalah tombol keyboard Ctrl+D. Pada Corel Draw, tool yang berfungsi untuk mengubah bentuk objek adalah oard Shape tool.
Alasan mengapa kinerja komputer menjadi lambat saat menggunakan aplikasi Corel Draw adalah bahwa aplikasi Corel Draw bekerja memaksimalkan kualitas hasil tampilan objek yang diolah sedemikian sehingga gambar objek menjadi kontinyu merupakan kinerja antara Processor dan RAM menyimpan kapasitas bit data objek lebih besar, maka proses komputer bekerja menjadi lambat. Mengatasi hal ini, diperlukan Processor berkecepatan tinggi dan RAM yang berkapasitas besar
Sedangkan aplikasi berbasis raster (bitmap/bmp) jika dikerjakan, tidak terlalu berat karena objek terdiri dari kumpulan pixcel dengan arah vertikal dan horisontal dalam satuan dot per inch (dpi). Karena objek terdiri dari sekumpulan titik pixcel dengan ukuran tertentu tiap objek maka saat gambar diperbesar melebihi batas ukuran pixcelnya maka gambar akan terlihat pecah atau tidak jelas melainkan namapak pixcel-pixcelnya.
Fungsi dari Clone adalah Mengganda objek sesuai aslinya. Untuk menampilkan Docer diperlukan menu pilihan Properties. Perintah menyimpan file Corel Draw dengan nama yang baru adalah Save As. Type file Corel Draw secara default tersimpan adalah .CDR
Untuk membuat objek lingkaran dengan jari-jari yang sama dapat dilakukan dengan menggunakan perintah CTRL + Ellips. Jenis standart Warna yang digunakan dalam Corel Draw CMYK dan RGB (C= Cyan, M=Magenta, Y=Yellow, K=Black; dan R=Red, G=Green, B=Blue.
Jika menginginkan hanya tampilan warna di monitor saja di tampil-an Corel Draw, sebaiknya menggunakan kombinasi warna yang RGB. Jika menginginkan print out hasil objek gambar di Corel Draw, maka sebaiknya menggunakan kombinasi warna.CMYK
Untuk mengedepankan satu objek saja, digunakan perintah out hasil objek gambar di Corel Draw, maka sebaiknya menggunakan kombinasi warna Forward one. Untuk mengebelakangkan satu objek saja, digunakan perintah Back One. Untuk mengedepankan satu objek saja, digunakan perintah kombinasi tombol keyboard Ctrl+PageUp mbinasi tombol keyboard.
Kombinasi tombol keyboard untuk menduplikasikan objek adalah tombol keyboard Ctrl+D. Pada Corel Draw, tool yang berfungsi untuk mengubah bentuk objek adalah oard Shape tool.
Alasan mengapa kinerja komputer menjadi lambat saat menggunakan aplikasi Corel Draw adalah bahwa aplikasi Corel Draw bekerja memaksimalkan kualitas hasil tampilan objek yang diolah sedemikian sehingga gambar objek menjadi kontinyu merupakan kinerja antara Processor dan RAM menyimpan kapasitas bit data objek lebih besar, maka proses komputer bekerja menjadi lambat. Mengatasi hal ini, diperlukan Processor berkecepatan tinggi dan RAM yang berkapasitas besar
Sedangkan aplikasi berbasis raster (bitmap/bmp) jika dikerjakan, tidak terlalu berat karena objek terdiri dari kumpulan pixcel dengan arah vertikal dan horisontal dalam satuan dot per inch (dpi). Karena objek terdiri dari sekumpulan titik pixcel dengan ukuran tertentu tiap objek maka saat gambar diperbesar melebihi batas ukuran pixcelnya maka gambar akan terlihat pecah atau tidak jelas melainkan namapak pixcel-pixcelnya.
Saya 8 bersaudara dan saya anak ke 6. Kami 4 bersaudara laki-laki dan 4 bersaudara perempuan
Saya pernah SD di SDRK St. Fransiscus Xaferius Palu, Tamat SD di SDN Pembina Luwuk, pernah SMN 1 Luwuk, Pernah SMPN 3 Palu, dan Tamat di SMPN 4 Palu, Menamatkan SMAN 1 Palu, Pernah di LPA Akprind Yogyakarta 7 Bln, Pernah DIII Teknik Sipil di UNTAD Palu, Pernah Kerja di Konsultan CV. Tritunggal Jakarta sebagai tenaga Teknis, Pernah di PT. Karya Baru Makmur Palu sebagai tenaga Quantitiy, Pernah Wirausaha Komputer, Saat ini Kerja sebagai Guru TIK di SMA Frater "Don Bosco" Banjarmasin dan Kuliah di STMIK BJB Banjarmasin
Langganan:
Postingan (Atom)