header_ku

Selasa, 01 November 2011

MATERI_KELAS X

PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER


I. PENDAHULUAN

Tujuan Mempelajari Hardware Komputer :
1. Siswa diharapkan mampu mengelompokkan dan membedakan hardware berdasarkan fungsinya
2. Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsi kerjanya

Manfaatnya :
Mempelajari hardware komputer dengan kemampuan mengelompokkan, membedakan serta mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya, siswa memperoleh bekal dasar pengetahuan yang dapat dipergunakan dalam studi lanjut keperguruan tinggi.

Pengelompokkan Hardware
Hardware komputer dibagi menjadi 2 bagian, yaitu main device dan peripheral.

 Main device computer terbagi atas :
1. Input device,
2. Output device, dan 
3. Processing device.

Perhatikan skema berikut ini :


bagian dari output device


bagian processing device


bagian input device



Berikut contoh dari Hardware Main Device
















Peripheral computer terbagi atas :
1. Input peripheral,
2. Output peripheral, dan
3. Media pheripheral


               
















Berikut contoh dari Hardware Peripheral

1. Hardware Input Peripheral


































2. Hardware Media Peripheral


































Ada perbedaan antara peralatan media tambahan dengan peralatan media pada Main Device. Disinilah peranan pengelompokkan hardware agar kita mudah mengklasifikasi atau menentukan jenis hardware yang digunakan.

3. Hardware Output Peripheral


































Kita sudah mengelompokkan dan membagi beberapa bagian dari kelompoknya masing-masing peralatan tambahan (Peripheral), sekarang marilah kita tinjau dulu Hardware Main Device. 

Mengenal Jenis-Jenis Monitor


















Ups...sorry, nih materi sudah ada sejak tahun 2010 alias materi tahun lalau, he..he..ngga apa-apa yang penting elmunya, okayou? Lanjut.......... eh ntar dulu, kok beda dengan buku paketnya? nah ini dia...manusia jangan jadi diktator (manusia diktat) kacian delu.....buku paket itu hanyalah acuan kita untuk mengembangkan materi yang ada. Neh...internet dan Mbah google, NyiYahoo ada aja disana membantu anda. ini bukan jaman katak dalam tempurung bro.... jaman Explorasi dan Rekonstruksi.
Okay, Jenis-jenis monitor...buanyak banar tuh slide kada cukup mengidentifikasi jenis-jenisnya. Seperti kembali ke sejarah komputer aja.

 Jenis-Jenis Monitor CRT


















Berikut tabel sederhananya buat siswa yang pengentahu perkembangan monitornya

















Berikut juga tampilan monitor yang disebut sebagai monitor monochrom MDA dan EGA

















Berikut dibawah ini merupakan kelompok monitor CRT berwarna (Color) dengan jenis Flet


















ada beberapa jenis monitor CRT Flat, yaitu berikut di bawah ini




















Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS KELOMPOK KELAS XI IPA/IPS

Tujuan
Diharapkan siswa mampu membuat blog, twitter, skype, myspace, Halloo, Yahoo Koprol, dan Facebook dengan setingan tampilan yang baru, informatif dan mampu bekerja sama dalam tim kelompok induk yang telah dibentuk sendiri sehingga setiap siswa mengetahui cara-cara penggunaan aplikasi dalam internet untuk mampu saling berkomunikasi, dan berbagi informasi sebanyak-banyaknya.

Tugas yang Diberikan
Setiap kelompok mencabut undi untuk penentuan tugas yang harus dikerjakan. tidak ada yang ditentukan oleh guru namun guru hanya memberikan batas apalikasi yang harus dikerjakan siswa berdasarkan apa yag diketahui oleh siswa dan pengalaman siswa dalam berinternet.

Ketentuan Tugas
Setiap anggota kelompok harus aktif dan mampu bekerja sama
Siswa dalam kelompok yang tidak mampu bekerja sama, tidak dicantumkan namanya saat di posting ke blog guru TIK di http://www.e-danaku.blogspot.com
Batas waktu pengerjaan sesuai undian yang didapatkan adalah 3 minggu dari saat pencabutan undian. Jika lewat dari batas waktu yang ditentukan akan mendapat pengurangan nilai baik afektif maupun kognitifnya serta psikomotoriknya.
Hasil tugas harus dipresentasikan dalam powerpoint atau langsung pada tampilan aplikasinya via internet.

Kelompok yang tidak mampu mempresentasikan dengan alasan yang tidak jelas/tepat akan mendapat pengurangan nilai (contoh: alasan tertinggal, lupa, malas, dll)

Penutup
Demikian tugas kelompok ini harus segera di kerjakan, atas perhatian dan responnya diucapkan terima kasih

Banjarmasin, 13 Oktober 2011
Guru TIK
ttd.

Y. Suryonawantoro

TUGAS PERORANGAN KELAS XI IPA DAN IPS

Membuat Blog
Setiap siswa kelas XI wajib membuat dan memilki blog dengan menggunakan blogger.com

Persyaratan Blog:
Blog wajib dibuat sendiri oelh setiap siswa dan tidak dibuatkan oleh teman atau orang lain
Blog yang telah dibuat minimal berisi 1 artikel
Blog yang sudah jadi akan dinilai dengan kriteria (interface, isi, hyperlink, profil diri, dan kerapian dan kejelasan)
Pada tampilan blog harus termuat profil diri siswa bersama dengan foto diri siswa (sopan,jelas, dan etis)
Blog yang sudah jadi harus melaporkan (posting) ke blok guru TIK ke http://www.e-danaku.blogspot.com
degan kalimat teks "Lihat blog saya di http://www.[nama_blog].blogspot.com".
Waktu posting selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sebelum ULUM (ulangan umum).
Setiap siswa wajib menghafal nama blognya sendiri, jika ditanya lisan oleh guru TIK

Sanksi dan Penilaian
Siswa yang tidak membuat blog sesuai dengan persyaratan yang diberikan akan mendapat sanksi pengurangan nilai.
Apa bila tidak membuat blog sma sekali dan tidak memberitahukan alasan, maka nilai siswa dianggap tidak tuntas pada penugasan ini.
Kriteria penilaian seperti dijelaskan sebelumnya akan menentukan nilai siswa.
Seandainya siswa hanya membuat blog dengan judul dan profil saja tanpa ada isi artikel, maka siswa akan dinilai sesuai dengan KKM, dan jika siswa membuat blog lengkap dan memiliki interface yang bagus, akan dipanggil untuk dimintai keterangan proses pembuatannya dan jika siswa mampu memberikan penjelasan dengan baik, maka akan diberi nilai 100.

Banjarmasin, 13 Oktober 2011
Guru TIK
ttd.
Y. Suryonawantoro

Jumat, 30 September 2011

Pekerjaan Rumah Kelas X

Petunjuk:
1. Siswa wajib mengerjakan dan menjawab soal ini melalui e-mail dan cukup melaporkan pada blog ini bahwa PRnya sudah dikerjakan beserta lampirannya (jika ada)
2. Setiap siswa yang menjawab, harus dan wajib mencantumkan nama lengkap siswa, Nomor Induk Siswa, Kelas siswa dan e-mail siswa (tidak nebeng e-mail teman)
3. Siswa bebas mencari (searching) di internet situs web yang berkaitan dengan soal Pekerjaan Rumah ini.

Soal
1. Sebutkan definisi dari Algoritma!
2. Jelaskan perbedaan penerapan antara algoritma, flowchart, dan pseudocode
3.Carilah bilangan desimal jika bilangan binernya bernilai 00101011 (dijawab sesuai prosedur perhitungan, tidak langsung hasilnya)
4. Berdasarkan 3 input yang terdiri dari gerbang Logika AND, yaitu input A = 1 dan Input B = 1, dan hasil dari gerbang AND bernilai X sebagai input Gerbang XNOR dan input ke tiga adalah C = 0; maka berapakah hasil output (Z)nya? (buat tabel kebenarannya)



 Gbr. 1. Gerbang Logika
 Catatan: cari dulu nilai X kemudian gabungkan dengan C akan menghasilkan Z


5. Gambarkan symbol gerbang logika NOT, XNAND, NAND, dan NOR

Kamis, 29 September 2011

Foto_Gw Slideshow Slideshow

Foto_Gw Slideshow Slideshow: TripAdvisor™ TripWow ★ Foto_Gw Slideshow Slideshow ★ to Banjarmasin. Stunning free travel slideshows on TripAdvisor

Rabu, 28 September 2011

Tugas Siswa2 Kelas X Semester 1

Tugas ini ditujukan untuk siswa/siswi kelas X semester 1  yang dibuat secara kelompok.

Buatlah makalah tentangMerangkai Konsol :
1. Jenis-jenis Port : Sejarah perkembangannya, kabel yang terhubung, alat yang terhubung, dan apa fungsinya
2. Jenis-jenis Konektor : Sejarah perkembangannya, kabel yang terhubung, alat yang terhubung, dan apa fungsinya
3. Jenis-jenis Socket : Sejarah perkembangannya, alat yang terhubung, dan apa fungsinya
4. Jenis-jenis Slot : Sejarah perkembangannya, alat yang terhubung, dan apa fungsinya

Ketentuan Makalah
1. Dijilit Rapi (di hekter dan dilakban, sampul depan transparan, dan belakang diberi karton kafer belakang)
2. Harus ada lembar judul
3. Kata Pengantar
4. Daftar : Isi, dan Gambar
5. Isi
6. Daftar Pustaka/Sumber
7. Waktu pengumpulan sebelum apel pagi pengurus kelas sudah mengumpulkan tugas teman ke meja guru TIK di ruang guru
8. Bagi siswa dalam satu kelompok tidak mau bekerja sama, wajib koordinator kelompok tidak mencantumkan nama teman yang tidak aktif dan dianggap remidial atau mendapat tugas mandiri.

Banjarmasin, 28 September 2011
Guru TIK

Y. Suryonawantoro


Senin, 26 September 2011

Menghidupkan Karakter Bangsa

Apa itu karakter ?


Karakter lebih dari hanya sekedar perkataan. Karakter menentukan siapa kita. Siapapun kita akan menentukan apa yang kita lihat. Apa yang kita lihat akan menentukan apa yang akan kita perbuat. Itulah mengapa karakter seseorang tidak bisa dipisahkan dari perbuatannya. Sebuah pohon akan dilihat dari buahnya.

Karakter itu lebih dekat dengan watak atau tingkah laku atau sifat seseorang. Menghidupkan  karakter, merupakan usaha yang tidak mudah. Ibaratnya seorang tukang periuk membuat periuknya menjadi lebih indah., yaitu dari segumpal tanah liat diolah menjadi periuk yang sangat indah. Kata indah merupakan keterangan sifat. Membutuhkan waktu yang tidak secara instan langsung jadi.

Sebagai contoh, menghidupkan karakter anak; jika karakter anak tersebut sudah memiliki dasar-dasar bibit suka berbohong atau suka merusak atau bersifat destruktif, maka sangat sulit jika diubah dengan kata-kata, kebanyakan lebih mudah diselesaikan dengan hadiah atau imbalan atau tips. Nah, membangun dengan cara ini sangatlah merusak kehidupan karakter anak akibat pemberian tips, dari yang sudah rusak bersifat destruktif berkembang menjadi penuntut dan lebih parah lagi menjadi khawatir dengan dirinya selanjutnya lahir dengan sifat ketergantungan dan bermuara pada iri hati yang melukai jiwanya sendiri. Maka lahirlah anak-anak kegelapan yang disebut anak-anak penuntut, Destruktif, Koruptus, dan Pemalsuan. Tak ada kejujuran dan merasa bersalah. karena menganggap diri benar. Anak-anak yang demikian akan menghancurkan negara. Siapa yang dipersalahkan? Nah siapa yang menabur...dia sendiri yang akan menuainya.

Para pendidik harus lebih jeli dan berhati-hati akan hal ini. Sebaiknya jangan diiming-imingi tetapi diberi pemahaman sebab akibat yang akan ditimbulkannya dan diselipi nilai-nilai moral dan agama. Hukuman tegas namun adil akan memberikan pemahaman kepadanya bahwa yang salah akan dihukum sesuai dengan perbuatannya. Hukumannya tentu hukuman yang mendidik dan terkait dengan hukum yang ada di negara kita. Biasanya tidakan destruktif akan dihukum dengan skorsing dan denda. Denda yang dimaksud bisa dalam bentuk materi atau nilai afektif. Materi, bisa memberikan sumbangan kepada orang-orang cacat yang membutuhkan dana, dari nilai afektif A dikurangi menjadi nilai D. Kemudian diberi pemahaman, jika mendapat nilai D diraport, maka orang akan menganggap sebagai anak yang tidak beres kelakuannya. hal ini akan mempersulit hidupnya dimasa depan.

Saya sebagai pengajar mata pelajaran TIK, harus membangun karakterbangsa kepada anak-anak didik. namun yang paling penting adalah diri sendiri harus dibenahi, kemudian anak-anak didik. Jika diris endiri tidak beres, maka anak-anak didiknya pun menjadi tidak beres juga.

Semoga anak didik kita menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang lebih baik dan benar. Tuhan Memberkati.
Banjarmasin, 26 September 2011
Penulis

Nwn

Sabtu, 24 September 2011

Tugas-1 Siswa Kelas X

Soal Latihan 1 (Penugasan Tidak Terstruktur)
Catatlah prosedur algoritma dalam kehidupan sehari-hari, agendakan dalam tiap lembar, yaitu aktifitas bangun tidur hingga berangkat kesekolah.
Lakukanlah ini selama satu minggu, jika terlambat bangun tuliskan bangun jam berapa, jika terlambat ke sekolah tuliskan berapa lama waktu anda terlambat dan berikan penjelasan keterlambatan sesuai prosdur algoritmanya yang logis dan berurutan.
Selamat mengerjakan!

Jumat, 23 September 2011

Link DesainGrafis Berbayar

Bagi yang berminat belajar desain grafis coba link ke sini, ok?? Inga...inga... bukan gratisan lo.... Nih dia linknya. http://tags.softarchive.net/Graphics+Design/

Belajar Microsoft Excel 2007 Sekaligus Unduh Gratis

Mengunduh link file PDFuntuk materi Ms Excel 2007  ini jangan lupa mengidentifikasi tanggal dan jam pada daftar pustakamu. Inga...inga... Etika. Nih linknya http://www.google.co.id/#hl=id&sugexp=pfwc&cp=31&gs_id=3m&xhr=t&q=belajar+aplikasi+Excel+2007+pdf&pq=belajar+aplikasi+excel+2007&pf=p&sclient=psy-ab&source=hp&pbx=1&oq=belajar+aplikasi+Excel+2007+pdf&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=&gs_upl=&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.&fp=1f9dd6847d1d7db0&biw=1280&bih=581
Semoga cukup memuaskan, ya.