header_ku

Rabu, 15 Februari 2023

TUGAS KELAS X INFORMATIKA




Tugas ditulis tangan dalam buku catatan


INSTRUKSI PROCESSOR
LIHAT LINK TERSEBUT
https://www.youtube.com/watch?v=ELz49UmxkcU

Jumat, 10 Februari 2023

MATERI SISTEM KOMPUTER - KELAS X

 Materi 01



KELAS XI


KELAS XII

Sementara dalam proses 

Rabu, 30 November 2022

KISIS-KISI & MATERI PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER

 KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS X, KELAS XI, & KELAS XII


MATERI PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS X, KELAS XI, & KELAS XII

KELAS X





KELAS XI




KELAS XII

Sabtu, 10 September 2022

KUMPULAN TUGAS SISWA

 Tabel Tugas Mandiri

Tabel tersebut wajib setiap siswa mencetak kemudian mengisi data tabel setiap harinya dengan jujur dan penuh tanggung jawab

Untuk mencetak tabel silahkan klik link berikut ini

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1viYheN4547Gx9q13kNJtr3-qYlun-bnC/edit?usp=sharing&ouid=108061126853597034328&rtpof=true&sd=true

Memudahkan mencetak, sebaiknya diunduh terlebih dahulu, kemudian buka hasil unduhan dan cetak sesuaikan areanya



Tabel Tugas Kelompok

Diisi oleh Ketua/Koordinator Kelompok



Tabel kelompok wajib diisi oleh kelompoknya masing-masing.

Untuk mencetak tabel silahkan klik link berikut ini

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1uZYw168AGFSfgTz7IS4Q45HoSRpgCw5A/edit?usp=sharing&ouid=108061126853597034328&rtpof=true&sd=true

Memudahkan mencetak, sebaiknya diunduh terlebih dahulu, kemudian buka hasil unduhan dan cetak sesuaikan areanya.





Kamis, 01 September 2022

MATERI - INFORMATIKA KELAS X

KELAS X1, X2, X3

MATERI 01


MATERI 02


Cara Menggunakan Aplikasi Microsoft Projeck



BAGAIMANA MEMBUAT GAMBAR 2D MENJADI 3D

Saran Aplikasi,  Menggunakan googlesketchup
Berikut ini link tutorialnya


Setelah itu simpan filenya kemudian buka di Powerpoint 2019, kemudian jadikan Powerpoint video


PENGELOMPOKAN (KATEGORI) KOLEKSI PERPUSTAKAAN MENURUT SISTEM DEWEY DECIMAL CLASSIFICATION




CONTOH FORMAT FORM PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU


Cara untuk membuat google form lihat video tutor ini (ini hanya contoh)


MATERI 03 A

INFO GRAFIS

Powered by emaze


MATERI 03 B

INFO GRAFIS




MATERI 04

BERPIKIR KOMPUTASIONAL


Kamis, 11 Agustus 2022

ILMU ALGORITMA

1.   Pengantar Algoritma : https://www.youtube.com/watch?v=60K7zxIjHQo

2.   Notasi Kalimat Deskriptif pada Algoritma : https://www.youtube.com/watch?v=I-pbjWd9EHo&list=RDCMUC8KFFLw4MCeYzN28JN31NUw&index=2

3.  Notasi Flowchart : https://www.youtube.com/watch?v=u1huXRBkSbE&list=RDCMUC8KFFLw4MCeYzN28JN31NUw&index=3

4.  Notasi Pseudocode : https://www.youtube.com/watch?v=zqhQMGjNCmw&list=RDCMUC8KFFLw4MCeYzN28JN31NUw&index=4

5. Konsep Logika Informatika : https://www.youtube.com/watch?v=KmrVYIfcJ74&list=RDCMUC8KFFLw4MCeYzN28JN31NUw&index=6

6.  Konsep IF Tunggal dan IF Ganda pada Pemrograman : https://www.youtube.com/watch?v=VyrP3Bg67h0&list=RDCMUC8KFFLw4MCeYzN28JN31NUw&index=10

7.  Konsep IF Majemuk Pada Pemrograman : https://www.youtube.com/watch?v=NVNGa5Py1lA&list=RDCMUC8KFFLw4MCeYzN28JN31NUw&index=8

8.  Konsep Logika Perulangan pada Pemrograman : https://www.youtube.com/watch?v=d7xfJYuRRAo&list=RDCMUC8KFFLw4MCeYzN28JN31NUw&index=9

9.   

ILMU LOGIKA INFORMATIKA

 Link Video dapat di klik di sini :

1.   Pengantar Logika Informatika : https://www.youtube.com/watch?v=W14g-qJN6XM

2.   Dasar-dasar Logika Informatika (1) : https://www.youtube.com/watch?v=utLwT3pWZCI

3.   Dasar-dasar Logika Informatika (2) : https://www.youtube.com/watch?v=KCGqZOsK88k

4.   Equivalensi Logika Informatika : https://www.youtube.com/watch?v=_EVcvgfiAmQ&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=4

5.   Equivalensi Logika Informatika : https://www.youtube.com/watch?v=yqLKK1d_UDo&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=5

6.   Inverensi Logika Informatika (1) : https://www.youtube.com/watch?v=P10Ric5oTO0&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=6

7.   Inverensi Logika Informatika (2) : https://www.youtube.com/watch?v=91C3yQQGXd0&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=7

8.   Kuantor Logika Informatika : https://www.youtube.com/watch?v=n2IH5Ze7vb8&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=8

9.   Kuantor Logika Informatika (2) : https://www.youtube.com/watch?v=CZlNcABK30U&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=9

10. Aljabar Boolean : https://www.youtube.com/watch?v=HWI_nW-76lg&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=10

11. Gerbang Logika (1) : https://www.youtube.com/watch?v=krAvJ6TidZM&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=11

12. Gerbang Logika (2) : https://www.youtube.com/watch?v=8hfaLq9B7T0&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=12

13. Kanonik Aljabar Boolean SOP dan POS (1) : https://www.youtube.com/watch?v=y-w7ZPCTXTA&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=13

14. Kanonik Aljabar Boolean SOP dan POS (2) : https://www.youtube.com/watch?v=fzbv30in-QE&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=14

15. Peta Kernaug : https://www.youtube.com/watch?v=Z4Po3L2vxW0&list=PLjRBWix725xq67E2gFActUxVZ72To-VM_&index=15

Mohon ditonton disimak secara berulang untuk pembelajaran mandiri


Sabtu, 23 Juli 2022

REFERENSI DAN LITERASI INFORMATIKA TAHUN PELAJARAN 2022 - 2023

LITERASI
MATA PELAJARAN INFORMATIKA
KELAS X


PREFASI

Mari belajar, buku adalah jendela ilmu namun buku bukan satu-satunya sumber ilmu melainkan diri manusia itu sendiri adalah gerbang ilmu yang sesungguhnya dengan tidak mengabaikan alam semesta dan penciptanya yang harus dilihat, diamati, dipikirkan, dipahami, dimengerti dan selanjutnya melakukan sesuatu rangkaian yang membentuk citra ide dari yang samar-samar kemudian menjadi yang nyata.

Menyempurnakan semuanya itu diperlukan namanya pola pembiasaan yang dilakukan secara berurutan dan teratur untuk mendapatkan suatu wujud hasil yang melalui suatu proses tertentu dan terencana menjadi cipta karya dan karsa sedemikian rupa sehingga bermanfaat guna bagai semuanya.

Tanpa literasi, di dalam diri manusia itu, pola yang terbentuk adalah quantum saling mengalami momentum satu dengan lainnya dan tak berpola beraturan atau acak serta berubah-ubah dalam kebingungan dan ketakutan dan dalam kewaspadaan yang berlebihan. Memiliki gaya aksi dan reaksi yang tidak seimbang.

Peserta didik wajib untuk mengunjungi website guru Informatika, yang berisi materi pemantik berdasarkan buku informatika dalam weblog ini. Link untuk website guru adalah sebagai berikut : https://sites.google.com/guru.sma.belajar.id/kelas-x1-x2-x3

Peserta didik harus aktif secara mandiri, bukan lagi guru yang menjelaskan di depan kelas kepada peserta didik, melainkan peserta didik menjelaskan apa yang dirinya baik individu maupun kelompok dapati dari pengetahuan yang sudah dipelajarinya kemudiaan apa yang harus dilakukan sebagai bentuk aksi selanjutnya sesama peserta didik melakukan tindakan namanya reaksi terhadap aksi yang sudah dilakukan oleh individu atau pun kelompok sebelumnya dan terus berlanjut sampai yang terakhir, kemudian peserta didik dapat menyimpulkan secara individu ataupun kelompok atas apa yang telah terjadi terhadap aksi dan reaksi tersebut.

Berikut ini buku Informatika yang disediakan oleh pemerintah. Mohon di baca, dipelajari, dimengerti, dipahami, dikerjakan tugas-tugasnya.


Buku Informatika Kelas X1, X2, dan X3

Berikut ini, diberikan buku elektronik dalam type file PDF. Siswa diharapkan membaca dengan aktif dan tekun serta terpola dengan teratur agar menemukan pemahaman yang utuh dan terpadu. Link buku tersebut adalah sebagai berikut :

https://drive.google.com/file/d/1c91-oh3F1qz067Uh02M1Lqd75-V9Fbod/view


Semoga buku ini bermanfaat guna bagi siswa dalam proses belajar


Buku Catatan (Buku Kerja) Yang Digunakan Peserta Didik

Buku Binder ukuran A5 yang ada pembatasnya seperti contoh berikut ini














Berikut ini link untuk Google Class Room (GCR) Informatika kelas X1, X2, dan X3. GCR ini digunakan untuk tugas mandiri maupun tugas kelompok.

Kelas X1

https://classroom.google.com/c/NDc3MzI1NjcwNDA1?cjc=ip4danz

Kelas X2

https://classroom.google.com/c/NDk3MTE4OTcxMjMx?cjc=zz2ipil

Kelas X3

https://classroom.google.com/c/NDk3MTE5MDczMjA3?cjc=5gcrmbu