Materi Kelas X
1. Hardware Komputer
1. Mengenal Perangkat Keras Komputer
Perangkat PC (Personal Computer),
terdiri dari :
Main Device dan Peripheral
Sumber : Penulis
Sumber :
http://pcmotec.com
Monitor
2. Perangkat pheriferal
a. jenis output diantaranya adalah
i. Printer
Gambar Infocus Kecil
Masih banyak lagi perangkat output peripheral
b. jenis input diantaranya adalah
i. Scanner
Perangkat
3. Pada bagian dalam dari CPU, terdapat komponen perangkat PC yang penting
Processor
Processor merupakan alat utama yang mengendalikan kinerja seluruh
komputer, yang terdiri dari CU (Control Unit) dan ALU (Arithmetic Logic
Unit) dengan cara kerja seperti skema berikut ini:
Biasanya memory yang dimaksud pada skema tersebut, adalah memori
Register, yang digunakan untuk penyimpan sementara dalam proses
perhitungan arit matika secara I/O oleh akumulator (sumber energi
listrik dari Processor) dan pengendalinya dikerjakan oleh CU
RAM (Random Accsess Memori)
Merupakan
peralatan penyimpanan data sementara dalam jumlah yang lebih besar.
Jika anda menggunakan dan menampilkan aplikasi-aplikasi secara bersamaan
pada layar desktop, maka hanya 1 yang bisa di jalankan sedangkan
aplikasi yang tidak aktif dan dipending, akan tersimpan dalam RAM, dan
jejak perintahnyapun tersimpan dalam RAM berupa file Temporer.
RAM banyak jenisnya dengan mempelajari
fungsinya dan
mengenalnya lebih dalam
Motherboard
Papan induk (
Inggris:
motherboard) adalah
papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada
PC atau
Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertianlain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard
adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program
penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses
masing-masing perangkat.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik
PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Motherboard
atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard
merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboardlah
semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah
papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalulalangnya
data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan
membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
(Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Papan_induk)
Jenis HDD (Hard Disk Drive)
Hardisk merupakan penyimpanan data tersier atau biasa disebut sebagai Backing Storage
HDD memiliki 2 jenis jika dilihat dari jenis kabel datanya untuk HDD
Internal, yaitu HDD PATA dan HDD SATA, yang jelas kemampuan
transferdatanya lebih baik dari pada HDD SATA jika dibandingkan HDD PATA
. HDD External, biasanya menggunakan kabel data USB atau Firewire yang
kecepatan transfer datanya lebih cepat dari HDD SATA internel.
Pengertiand/kepanjangan dari ATA adalah
Advanced Technology Attachment (
ATA) adalah antarmuka standar untuk menghubungkan
perangkat penyimpanan seperti
cakram keras dan
CD-ROM dalam
komputer pribadi. Terdapat banyak istilah dan sinonim untuk ATA, termasuk singkatan-singkatan
IDE,
ATAPI, dan
UDMA.
Dengan diperkenalkannya
Serial ATA pada
2003, ATA yang asli dinamai
Parallel ATA (PATA). Karena itu artikel ini hanya membahas Parallel ATA.
Standar Parallel ATA hanya mengizinkan panjang kabel sampai 46
sentimeter (18 inci) walaupun kabel sampai 91 cm (36 in) dapat dibeli.
Karena keterbatasan ini dan karena harganya yang terjangkau, teknologi
ATA biasanya digunakan untuk antarmuka penyimpanan komputer internal. (Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Parallel_ATA)
Gbr. Kabel data SATA (sumber :http://lh4.ggpht.com
Pengertian dari SATA adalah
Serial ATA, atau
bus komputer SATA, adalah sebuah antarmuka penyimpanan untuk menghubungkan
host bus adapter untuk perangkat penyimpanan massal seperti
hard disk drive dan
optical drive. Mulai pada tahun 2004,
SATA host adapter terintegrasi ke hampir semua motherboard modern, baik itu desktop maupun laptop.
Serial ATA ini dirancang untuk menggantikan standar
ATA (AT Attachment) yang lebih tua (juga dikenal sebagai
EIDE). SATA dapat menggunakan perintah-perintah tingkat rendah yang sama, namun
SATA host-adapter
dan perangkat yang terkoneksi berkomunikasi melalui kabel serial
kecepatan tinggi melalui dua pasang kabel konduktor. Sebaliknya, paralel
ATA menggunakan 16 kabel konduktor data yang masing-masing beroperasi
pada kecepatan yang jauh lebih rendah.
SATA menawarkan beberapa keunggulan menarik dibandingkan antarmuka
paralel ATA (PATA) yang lebih tua: mengurangi kabel yang tebal dan
mengurangi biaya (berkurang dari delapan puluh kabel ke tujuh), lebih
cepat dan lebih efisien dalam hal transfer data, dan fitur
hot swapping[1].
Pada 2009, SATA telah menggantikan sebagian besar paralel ATA di semua konsumen pengiriman
PC. PATA tetap digunakan dalam industri dan aplikasi benam (embedded application) yang tergantung pada penyimpanan
CompactFlash, meskipun standar penyimpanan
CFast yang baru akan didasarkan pada SATA. (Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Serial_ATA)
2. Software Komputer
1. Pembagian dan Pengelompokkan Software
Software komputer/perangkat lunak komputer dibagi menjadi 4 kelompok utama, yaitu :
1. Sistim Operasi
2. Bahasa Pemrograman
3. Paket Program/Program Aplikasi
4. Program Utility
Dari keempat kelompok, dapat kita uraikan menjadi beberapa kelompok jenis dan jenis-jenis perangkat lunak seperti berikut ini :
A. Sistem Operasi
Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris:
operating system atau OS adalah
perangkat lunak sistem
yang bertugas untuk melakukan kontrol dan
manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sis-
tem, termasuk
menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan
browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada
lapisan pertama yang ditaruh pada memori kompu-
ter pada saat komputer
dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah
Sistem Ope-
rasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti
umum untuk software-software itu. Layan-
an inti umum tersebut seperti
akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Se
hingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas
inti umum tersebut, karena dapat
dilayani dan dilakukan oleh Sistem
Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum terse
but dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
Jenis Sistem Operasi diantaranya adalah :
a. Windows
Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah
Sistem Operasi yang dikem bangkan oleh Microsoft Corporation yang
menggunakan antarmuka dengan berbasiskan GUI (Graphical User Interface)
atau tampilan antarmuka bergrafis.
Jenis-jenisnya
: MS. Windows 3.x, MS.Windows 9.x, Ms. Windows 2000 Ms. Windows Me, Ms.
Wondows XP Profesional sp.x, Ms. Windows XP Home, Ms. Windows XP
Multimedia, Ms. Windows Longhorn, Ms. Windows Vista Home, Ms. Windows
Vista Profesional v. x, Ms. Windows 7 Ultimate, Ms. Windows 7
Profesional, Ms. Windows 7 Royale, Ms. Windows 7 Home Edision, dan yang
terbaru saat ini adalah Windows 8
b. UNIX
UNIX
adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis
Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai
Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem
Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena
faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX
dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan
oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.
c. LINUX
Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar
emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di
Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian
UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem
Operasi GNU. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar
UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang
menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem
berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau
lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis
teks, antarmuka pengguna grafis
(Graphical User Interface/GUI) yang
merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.
d. DOS (Disk Operating Sytem)
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh
International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation,
untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS.
Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini
didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor
Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected
Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori
Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak
perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu,
MS-DOS, singkatan dari
Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah
sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya.
Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi
mainstream,
sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan
ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis
(dikenal juga dengan sebutan
GUI) untuk pasar
mainstream, yang disebut sebagai
Microsoft Windows.
e. MAC OS
MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat
oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak
kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi
pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User
Interface/GUI). Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis : MAC OS Classic dan MAC OS X (1 s.d 10).
Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini
adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti
Mac OS 8 dan
Mac OS 9.
Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti
"eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena
tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis
Unix dengan akhiran "x" (misalnya
AIX,
IRIX,
Linux,
Minix,
Ultrix,
Xenix).
f. SOLARIS
Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan
UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992
sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya,
khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris
disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya
berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang
ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris.
OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi
Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari
Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software
B. Mengenal kelompok program
aplikasi
1). Kelompok program aplikasi pengolah /editing foto ( Basis Raster/Bitmap)
- Adobe
Photo Shop ( CS, CS2, CS3)
- Picture It
- Microsoft Greetings (2000, 2001, 2002)
- Black Magic Picture
- dan sebagainya
2). Kelompok program aplikasi desain grafis vektor / 2D (Basis Vektor)
- Corel Draw (r.7, r.10, r.11, r12, dan
r.X3) – untuk pembuatan logo/kartu nama/brosure dan sebagainya
- Paint
Brus
- Microsoft Visio (2000, 2002, 2003)
- Free Hand
- dan sebagainya
3). Kelompok program aplikasi design grafis polar / 2D dan 3D
-
Studio VIZ
- Studio MAX
- Studio MX
- Auto CAD
- Google Scatup
- Profesional Home Design
- Auto Desk
- Design Architektur
- ArchiCAD
- Phoser
- dan sebagainya
4. Kelompok program aplikasi pengolah kata (Basis Office)
-
Microsoft Word (97, 2000, 2002, 2003, dan 2007)
- Open Office – Writer (r.1, r.1.1, r.
1.2, r.2, r.2.1, r.2.2, dan r.2.3)
- Chiwriter
- Word Star
- Star Office
- Word Perfect
- dan sebagainya
5. Kelompok program aplikasi pengolah angka (Basis Office)
- Lotus
123
- Quatro Pro
- Shimphony
- Microsft Excel
- Open Office – Calc
- dan sebagainya
6. Kelompok progam aplikasi presentasi (Basis Office)
- Microsoft
Powerpoint
- Open Office – Impress
- dan sebagainya
7. Kelompok program aplikasi data base
- Microsft Access
- Open Office – Base
- dan sebagainya
8. Program aplikasi bawaan Windows
- Notepad (pengolah kata)
- Wordpad (pengolah kata)
-
Windows Media Player
- Paint
- Command promp
- dan sebagainya
9. Program Aplikasi Berbasis Animasi
- Flash MX
- Macromedia MX
C. Mengenal kelompok Bahasa
Pemrograman
i) Low Level Language (Bhs. Tingkat Rendah)
1. Bahasa Mesin
2. Bahasa Assembler (Compiler dan
Interpreter)
ii) Midle Level Language (Bhs. Tingkat Menengah)
1. Bahasa C (C+, C++, C#)
2. Bahasa FORTRAN ( Formula Translation)
iii) Hight Level Language (Bhs. Tingkat Tinggi)
1. Bahasa PASCAL
2. Bahasa BASIC
3. Bahasa Visual :
a. Visual Basic Aplication
b. Visual Basic Interdef
c. Visual Basic Net
d. Visual Fox Pro
4. Bahasa COBOL
5. Borland Delphi
7. MYOB Accounting
8. DEA Accounting
D. Mengenal kelompok
program Utility
1. Kelompok program utiliti antivirus
- AVG
- Mc Ave
- Norton
- Avast
- Shampoo Anti Brontok
- PC Media Antivirus
- Panda
- Kapersky
- Norman
- Antivir
- Clam
- SMADAV
- dan sebagainya
2. Kelompok program utility Anti
Spayware/Malware
- AVG
- AD-Aware
- Spayware Terminator
- Doktor Alex
- Spayware Blaster
- Mc Ave
- dan sebagainya
3. Kelompok program utility lainnya
- Ccliner
- TuneUp Utility
- Regcure
- Defragler
- Fire Fox
- Opera
- MSN Messenger
- Disk ClinUp
- Recovery
- CCliner
- dan sebagainya
2. Proses Komputer
Proses komputer yang dimaksud adalah proses mengaktifkan dan menonaktifkan komputer
1. Coldboot adalah
komputer yang diaktifkan pertama kali, yaitu dengan menekan tombol power pada
CPU hingga ke tampilan desktop.
2.Warm boot adalah
komputer dalam kondisi tampilan pada desktop kemudian dilakukan perintah
restart dan kembali ke tampilan desktop semula. Coldboot secara paksa biasanya
dilakukan dalam keadaan terpaksa, yaitu dengan menekan tombol reset.
3.Turnoff the Computer adalah menon aktifkan komputer dari kondisi aktif ke kondisi non aktif
prosedurnya adalah Start - Turn Off The Computer - Dari 3 pilihan pilih Turn Off
Turn Off Komputer dapat dilakukan dengan cara menekan lama tombol Power
dengan catatan, jika komputer mengalami layar biru atau sama sekali
tidak merespon alias hang
3. Mengenal perbedaan data dan Informasi
1. Informasi
Definisi
Informasi
Beberapa definisi tentang informasi adalah sebagai
berikut :
Data
yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan
bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang.
Data
yang disusun dan dikelompokkan sedemikian rupa sehingga menjadi memiliki arti
atau makna.
Definisi informasi adalah data yang disusun,
dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah bentuk yang
memiliki arti atau makna bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil
keputusan saat ini atau mendatang.
Contoh : Alamat
Rumah Ü Jl. Kuripan No. 12 Banjarmasin
Bilangan Ü Bilangan genap adalah 2, 4, 6, 8, ....
2. Data
Definisi
Data
Beberapa definisi
tentang data adalah sebagai berikut :
Suatu
istilah majemuk dari kata datum, yang berarti fakta, atau bagian dari fakta
yang mengandung arti.
Segala sesuatu yang bisa diterima atau diolah.
Definisi data adalah suatu fakta atau bagian dari
fakta yang mengandung arti dan dapat diterima atau diolah menjadi informasi
yang memiliki makna.
Contoh : Huruf Ü A, B, C, D, ...
Bilangan Ü 2, 4, 6, 8, ....
4. Perangkat Informasi dan Komunikasi
1. Informasi
Perangkat informasi adalah perangkat yang sifatnya hanya
memberikan informasi
searah atau dalam wujut hasil output data tanpa terjalin
komunikasi. Contoh :
Papan Iklan digital atau analog, Televisi, Radio, fax, telegram dan
lainnya.
2. Komunikasi
Perangkat Komunikasi adalah perangkat yang sifatnya
memberikan informasi dua arah atau dalam wujut hasil input dan output datayang
terjalin komunikasi. Contoh : Komputer yang terhubung dengan internet,
Telephon, HP, dan lainnya.
5. Diagram Siklus Informasi
1. Siklus Sederhana/Searah
Proses ini hanya menjelaskan peralatan
elektronik Teknologi Informasi dan Komunikasi mulai dari input data ke proses
dan berakhir pada output data.
2. Siklus Berulang Sederhana
Proses ini menjelaskan peran user mengendalikan peralatan elektronik
Teknologi Informasi dan Komunikasi mulai dari input data ke proses dan berakhir
pada output data secara berulang sesuai dengan yang dilakukan oleh user. Data
dimasukkan oleh user kemudian data tersebut di proses dan hasil proses adalah
output data dalam bentuk informasi yang diterima oleh user. Bila informasi yang
dihasilkan dalam bentuk output data dan dianggap benar, maka user berhak
melanjutkan atau tidak proses pengolahan data tersebut.
3. Siklus Lengkap Tidak Terkendali
Proses ini menjelaskan tidak ada peran user secara langsung. Peralatan elektronik
Teknologi Informasi dan Komunikasi bekerja secara otomatis dan terprogram. Mulai
dari pengumpulan dan identifikasi data kemudian dilanjutkan dengan input data
ke proses dan menghasilkan output data dalam bentuk informasi kemudian hasil
informasi didistribusikan secara terprogram tidak terkendali.
4. Siklus Lengkap Terkendali
Proses ini menjelaskan peran user secara langsung mengendalikan siklus
EDP. Peralatan elektronik Teknologi Informasi dan Komunikasi bekerja secara terkendali.
Mulai dari peran user melakukan pengumpulan dan identifikasi data kemudian
dilanjutkan dengan input data oleh peralatan elektronik ke proses dan
menghasilkan output data dalam bentuk informasi yang dilakukan peralatan
elektronik kemudian hasil informasi didistribusikan oleh user ke tujuan yang
tepat. Proses ini berulang sesuai kendali user
4. Siklus Lengkap Terkendali dengan Penympanan Data
Proses ini menjelaskan peran user secara langsung mengendalikan siklus
EDP sepenuhnya. Peralatan elektronik Teknologi Informasi dan Komunikasi bekerja secara terkendali.
Mulai dari peran user melakukan pengumpulan dan identifikasi data kemudian
dilanjutkan dengan input data oleh peralatan elektronik ke proses dan
dapat dilakukan penyimpanan data sementara ke memori atau penympanan data tetap ke backing storage selanjutnya menghasilkan output data dalam bentuk informasi yang dilakukan peralatan
elektronik kemudian hasil informasi didistribusikan oleh user ke tujuan yang
tepat. Proses ini berulang sesuai kendali user
3. Perangkat Internet dan Jaringan
1. Jenis-jenis peralatan Internet dan Jaringan
Perangkat internet dan jaringan terdiri dari
1. Modem Analog dan ADSL
2. Repeater
3. Router
4. Switch
5. dan sebagainya
2. Jenis Jaringan Komputer (LAN/MAN/WAN)
Tanpa menggunakan kabel
(Wireles/WiFi, dsb)
Dengan menggunakan kabel.(UTP/STP, Serat Optik, Koaksial)
Perhatikan
jenis-jenis kabel di bawah ini
Contoh
kabel Serat Optik
Contoh
kabel koaksial
Contoh UTP
Contoh STP
4. Manajemen File
Manfaat dari Manajemen file
adala Memelihara File / Folder dan
Mengatur / menata file /folder menjadi rapi serta terstruktur
Untuk melakukan manajemen file,
digunakan program utiliti bawaan dari Windows, yaitu Windos Explore
atau My Computer atau My Document.
Susunan file secara hirarky adalah :
Partisi/Drive
Sektor
Track
Cluster
Bit
Dalam
Partisi, Sektor dan Trek terdapat root Direktori (induk folder) dan di
dalam root direktori terdapat sub folder, dan di dalam masing-masing
folder terdapat file.
Fasilitas pengaturan direktori adalah dengan melakukan perintah-perintah :
1. Copy - Paste
2. Cut - Paste
3. Rename
4. New Folder
Fasilitas pencarian direktori atau file dapat dilakukan dengan pencarian (Search)
Fasilitas
tempat file/direktori yang tidak digunakan adalah Delete File atau
Delete Direktori ke dalam Recyclebin dan untuk mengembalikan file dalam
recyclebin kembali ke direktorinya adalah dengan melakukan rstore file
atau direktori ketempat semula
5. Etika dan Moral Penggunaan Komputer
UU HAKI (Undang Undang Hak Atas Kekayaan
Intelektual/HakCipta)
Diatur dalam UU No. 19
Tahun 2002
16. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Cara duduk yang baik saat
menggunakan komputer adalah duduk lurus menghadap komputer dan tegap tetapi
tidak tegang/kaku. Jarak pandang terhadap monitor tidak kuramg dari 50 cm.
Pencahayaan monitor dan ruangan diatur sedemikian rupa sehingga tidak
menyakitkan mata.
Materi Kelas XI
1. Program Aplikasi Pengolah Angka
Program aplikasi pengolah
angka yang sering digunakan oleh pengguna komputer saat ini adalah Microsoft
Excel. Program ini dapat menyelesiakan pekerjaan yang menyangkut
hitung-menghitung, yaitu Matematika, Keuangan, Peramalan/perkiraan Nilai Hasil,
Statistik, dan sebagainya.
Program aplikasi ini, saat
ini telah dirilis menjadi Microsoft
Excel 2007 dari sebelumnya Microsft Excel 2003. Keduanya sangat jauh
berbeda jika dilihat menu toolsnya, Microsft Excel 97 sampai dengan Microsft
Excel 2003, pengguna masih dengan cepat memahaminya. Microaft Excel 2007, menu
toolsnya
disebut menu rebons sangat berbeda dari
lazimnya. Pada prinsipnya, jika dipelajari dan digunakan secara kontinyu, maka
kesulitan dan perbedaan itu menjadi tidak ada batas penghalangnya.
2. Manfaat Merger Cell
Microsft Excel
memiliki sekumpulan sheet yang di dalamnya terdapat banyak sel untuk menginput
data. Sel adalah pertemuan antara kolom dan baris. Jumlah kolon sebanyak 255
kolom dan 65536 baris. Penggunaan sel, sering di ketemukan penggabungan sel dua sel atau lebih. Penggabungan sel ini biasanya dikenal dengan Merger Cell yang digunakan ikon seperti berikut ini
Manfaatnya adalah untuk
mempermudah dan merapikan penampilan isi data dalam dua atau lebih sel
3. Formula dan Fungsi Excel
Formula : Rumus sel yang
dibuat sendiri oleh pengguna komputer terdiri dari dua jenis, yaitu
i) Formula Angka
ii) Formula Sel
Contoh : Mencari
nilai rata-rata Formula Angka
Diketahui:
Isi dari sel A1 yang terlihat pada formula/fungsi bar adalah sebagai berikut
=(5+2+5)/3
maka nilai sel/hasil dari sel yang tampil pada sel A1 adalah angka 4 sebagai nilai rata-rata
Contoh : Mencari
nilai rata-rata Formula Cell/Sel
Diketahui:
Isi dari sel
A1= 5
A2= 2
A3= 5
Ditanya :
Nilai rata-rata berdasarkan data sel A1, A2, dan A3
Penyelesaian
yang terlihat pada formula/fungsi bar adalah sebagai berikut
=(A1+A2+A3)/3
maka nilai sel/hasil dari sel yang tampil pada sel A5 adalah angka 4 sebagai nilai rata-rata
Fungsi : Rumus sel/formula
jadi dari Microsoft Excel yang siap pakai.
Contoh : Mencari nilai
rata-rata
4. Penggunaan Internet
Program aplikasi untuk
melakukan Chating yang paling
populer adalah mIRC dan Yahoo Mesenger.
Freandstar merupakan sarana
berkomunikasi melalui internet dengan melakukan proses awal browsing
selanjutnya pengguna melakukan bloging
dengan sesamanya. Jadi, di dalam
freanstar terdapat sarana melakukan Bloging.
Bloging adalah lembar halaman pribadi yang dibuat secara pribadi melalui situs www.bloging.com.
Freanstar bukanlah bloging yang sesungguhnya tetapi Freanstar terdapat sarana
untuk melakukan bloging. Bloging itu serupa dengan agenda/diary/catatan harian.
Akronim ( kepanjangan )dari WWW adalah World Wide Web
dan E-Mail adalah Elektronik Mail yang berfungsi sebagai
sarana pengiriman surat dalam bentuk file. Pengiriman surat melalui email
biasa disertai dengan lampiran atau disebut dengan Attachment. Syarat pengiriman email adalah pengguna harus memiliki Nama ID dan
Password
Materi Kelas XII
1. Mengenal Perintah dari Program Aplikasi Corel
Draw 11/12
Menentukan
Posisi Objek
Perintah untuk membuat
posisi gambar/objek menjadi paling belakang adalah Klik kanan Objek/gambar
kemudian pilih dan klik order selanjutnya pilih dan klik To Back.
Perintah untuk membuat
posisi gambar/objek menjadi paling depan adalah Klik kanan Objek/gambar
kemudian pilih dan klik order selanjutnya pilih dan klik To Front.
Perintah untuk membuat
posisi gambar/objek menjadi di belakang satu objek/gambar adalah Klik kanan
Objek/gambar kemudian pilih dan klik order selanjutnya pilih dan klik Back One.
Perintah untuk membuat
posisi gambar/objek menjadi di depan satu objek/gambar adalah Klik kanan Objek/gambar
kemudian pilih dan klik order selanjutnya pilih dan klik Forward One.
Perintah untuk membuat
posisi gambar/objek menjadi ke belakang objek tertentu adalah Klik kanan
Objek/gambar kemudian pilih dan klik order selanjutnya pilih dan klik Behind.
Perintah untuk membuat
posisi gambar/objek menjadi ke depan objek tertentu adalah Klik kanan
Objek/gambar kemudian pilih dan klik order selanjutnya pilih dan klik In Fron Of.
Menggabungkan
Objek
Perintah untuk menggabungkan
gambar/objek menjadi satu kesatuan adalah Klik kanan Objek/gambar kemudian
pilih dan klik Group.
Perintah untuk memisahkan
kembali hasil group gambar/objek adalah Klik kanan Objek/gambar kemudian pilih
dan klik Ungroup.
Menggunakan 3D
Efek
Perintah untuk menggulung
gambar/objek pada salah satu tepi sudut adalah Klik Bitmap, kemudian pilih dan
klik 3D Effek pilih dan klik Page Curl.
Membuat
efek gambar mengalami perubahan bentuk dan warna biasanya menggunakan
blendtool, yaitu mencampur objek untuk berubah bentuk seperti berikut di bawah
ini.
atau
dari 2 objek, yaitu segi empat dengan warna biru dan objek lingkaran warna merah akan dicampurkan menjadi suatu bentuk objek baru yang terpadu, maka hasilnya harus di Bland dengan menggunakan perintah BalandTool edemikian sehingga gambarn
ya menjadi seperti berikut ini
Ikon
yang digunakan dalam toolbox adalah
2. Mengenal File Ekstensi (keterangan/jenis)
Ekstensi file pada corel
draw adalah cdr.
File ekstensi
gambar/objek yang bisa dibaca oleh corel draw untuk melakukan perintah import adalah
bmp dan jpg.
3. Menggunakan Tool untuk mengolah Teks pada
Corel Draw
Untuk membuat teks pada
corel draw, gunakan tool box Text
Tools, selain itu menggunakan menu bar Text, kemudian memilih Insert
Character
4. Mengenal Fungsi dan Manfaat serta Menu dan Ikon dalam Power Point (Pengolah
Presentasi)
Ekstensi file pada microsoft
power point 2003 adalah
ppt dan microsoft power point 2007
adalah pptx.
Aplikasi
ini digunakan untuk membuat presentasi point
to point. Tombol keyboart untuk mengaktifkan slide dari awal menjadi
presentasi yang interaktif adalah tombol F5.
Membuat Efek animasi dengan arah gerakan tertentu atau tidak tertetu
yang diinginkan pengguna
ada 4 macam, yaitu Entrance (animasi awal memeberikan efek dari
tidak ada menjadi ada), Emphasis (menambah efek dari enrance atau efek langsung
aktif), Exit (membuat efek animasi dari ada menjadi tidak ada), dan Motion Path
(efek animasi sesuai dengan arah yang sudah ditentukan atau yang ditentukan
sendiri), ikonnya adalah
Membuat
warna background slide bergradasi pada powerpoint adalah dengan menggunakan
fasilitas gradient
Menu
View
dari aplikasi power point 2003 memiliki sub menu seperti berikut ini
Tampilan dari aplikasi power point
tersebut seperti berikut di bawah ini disebut sebagai Taskpane
Selebihnya pelajari soal jawab
yang sudah diberi ulangan harian.
Demikianlah kisi-kisi ini dibuat, semoga para siswa memanfaatkannya dengan
sebaik-baiknya.
Banjarmasin, 1 April 2011
Guru Mata Pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi – Komputer
(TIK – Komp)
Yustianus Suryonawantoro