header_ku

Senin, 29 Desember 2014

RENCANA PEMBELAJARAN KELAS X, XI DAN XII

PEMELAJARAN MATA PELAJARAN TIK
KELAS X, XI, DAN XII

Sehubungan dengan Surat Edaran Nomor Surat 179342/MPK/KR/2014 dan Permen Dikbud No.160 Tahun 2014, K-2006 diberlakukan di sekolah-sekolah yang baru melaksanakan 1 s.d 2 semester (matrikulasi), maka mapel TIK diberlakukan kembali. Mau tidak mau, suka tidak suka harus dijalani. Dua dokumen ini bukan dokumen main-main karena berlogo Pancasila.
Mengingat pada semester ganjil 2014, belum melaksanakan K-6 karena melaksanakan K-13 yang mana K-13 mapel TIK dan Bahasa Asing ditiadakan/dihapuskan, maka dengan ini berdasarkan dua dokumen tersebut; rencana materi, buku pelajaran, dan LKS/LKPD akan dimuat dalam Weblog (blog) ini.

Sumber dan Bahan Ajar
1. Buku Paket atau Buku Pegangan siswa dan guru
    a. Kelas X Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi
    b. Kelas XI Sadiman; Teknologi Informasi dan Komunikasi
 
2. Buku referensi lainnya
    a. Kelas X Sadiman, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syamsuardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Melwin Syafrizl Daulay, Mengenal Hardware . Software dan pengelolaan Instalasi Komputer; F. Soesianto dan Djoni Dwijono, Logika Matematika untuk Ilmu Komputer; Shelly, Cashman, Vermaat, Thompson, Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3; Internet

    b. Kelas XI Rudi Hidayat cs.Teknologi Informasi dan Komunikasi; Syam Suardi, Teknologi Informasi dan Komunikasi; Irfan Junaidi, MMI Ahyani, Khairul Ummah, Ensiklopedia Telekomunikasi Seluler; Internet


3. Materi Semester ganjil yang belum diajarkan pada :
    a. Kelas X :
        Bab 1. Operasi Dasar Komputer dan Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
                   1.1. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai dengan Prosedur
                   1.2. Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
                   1.3. Penggunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Sistem Operasi
     
        Bab 2. Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan TIK
                   2.1. Fungsi Komputer dan Peralatan TIK
                   2.2. Pengantar TIK
                   2.3. Perangkat Keras Komputer

        Bab 3. Jaringan Telekomunikasi dalam TIK
                   3.1. Fungsi & Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi
                   3.2. Jarkomp. untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi
                   3.3. Fungsi & Cara Kerja Perangkat Lunak Aplikasi TIK

        Bab 4. Ketentuan & Aturan dalam Menggunakan TIK
                   4.1. Etika & Moral dalam Menggunakan TIK
                   4.2. Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)
                   4.3. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

b. Kelas XI IPA & IPS :
        Bab 1. Perangkat Keras Internet
                   1.1. Seluk Beluk Perkembangan Internet
                   1.2. Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet
                   1.3. Deskripsi Peran ISP
                   1.4. Mendeskripsikan User ID dan Password
                   1.5. Setup Modem Dial Up
     
        Bab 2. Browser Internet
                   2.1. Mendeskripsikan Cara Akses Internet
                   2.2. Mempraktikan Akses Internet

        Bab 3. Surat Elektronik/E-Mail
                   3.1. Surat Elektronik/E-Mail
                   3.2. Mailing List
                   3.3. Chating dengan Internet

b. Kelas XI IPA & IPS :
    Wajib siswa siswi kelas XII IPA dan IPS SMA Frater Don Bosco Banjarmasin sebagai bahan referensi pembelajaran
    https://www.youtube.com/watch?v=-9dA3uNGEeU
    https://www.youtube.com/watch?v=n3L0Xu7C1gw
    https://www.youtube.com/watch?v=dwkwmxSBfc4
    https://www.youtube.com/watch?v=-9dA3uNGEeU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6
    https://www.youtube.com/watch?v=Y4-R7JsSBgU&list=PL2DyHNT4xf_RiTaLBBd-qV4GrcK5KFMl6&index=3


Sabtu, 13 Desember 2014

PENGUMUMAN HASIL UAS KELAS XII

Kelas XII, Hasil ulangan umumnya tidak di remidial, namun jika nilai akhirnya tidak memenuhi KKM, bisa diberi tugas tambahan. Mohon siswa-siswi yang tidak tuntas di ulum/UAS ini menyiapkan diri dan buku TIK.





Minggu, 30 November 2014

BAHAN ULANGAN UMUM TIK KELAS XII SEMESTER GANJIL tahun 2018

Software pengolah gambar bitmap adalah, Microsoft Picture It, Corel PhotoPaint, Microsoft Paint, dan Photoshop

Pernyataan mengenai gambar bitmap yang tepat adalah Ukuran file besar, Terdiri atas titik-titik, Extensinya JPG,BMP,TIF & PNG, dan Pecah jika diperbesar

Di bawah ini merupakan gambar toolbar dari tool box




Hafalakan gambar ikon berikut ini dari flayout Shape free hand tool, beserta nama-namanya



tool-tool berikut, yang digunakan untuk membuat garis/ kur-va adalah Free hand tool, Bezier tool, Pen tool, Polyline tool, Artistic media tool


Membuat Objek menjadi blandtool, ikon dari Interactive bland tool adalah



 
Membuat Objek seperti dibawah ini, menggunakan perintah Interactive Bland Tool




gambar icon  dari Freehandtool adalah sebagai berikut di bawah ini   

Gambar berikut di bawah ini menggunakan perintah, yaitu Arange – Transormation dengan sudut 7 derajat pada bagian left up corner



Untuk Mewarnai objek menjadi uniform fill menggunakan ikon seperti berikut ini





Hasil dari objek yang diwanai dengan menggunakan perintah Uniformfill color adalah seperti berikut


Menu-menu pada halaman pembuka adalah, New from template, Open, Recently Used, New
 Tombol kombinasi keyboad untuk mengubah objek segi empat menjadi kurva setelah memilih objek dengan Pick tool Ctrl+Q   
 Meletakkan teks pada kurva disebut dengan fitting text            
Type file yang dapat diimport ke dalam Corel Draw, BMP,. PNG,. CDR,. GIF

Ikon untuk mencerminkan objek secara horizontal seperti berikut di bawah ini


Ikon untuk mencerminkan objek secara vertical seperti berikut di bawah ini



Pusat objek untuk rotasi biasanya ditandai dengan symbol seperti berikut di bawah ini





gambar seperti berikut ini Perintah yang digunakan adalah Fit Text to Part/ Fitting Text Memperoleh teks tanpa bingkai seperti gambar di bawah ini



Memperoleh teks tanpa bingkai seperti gambar di bawah ini 
 

 
 Perintah yang dilakukan adalah mengklik ikon seperti berikut ini




selanjutnya adalah  Klik kiri satu kali


Perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama


Efek 3D pada gambar tersebut adalah Page Curl

Gambar persegi panjang, keempat sudutnya berupa sudut siku-siku dan keempat sudutnya dapat diubah menjadi bentuk kurva lengkung teratur dan halus disebut di-rounded-corner

Hafalkan Ikon-ikon dalam property toolbar pada aplikasi Corel Draw 12 atau 11 (dalam buku paket/cetak)

Pada Corel Draw juga terdapat fasilitas untuk mengubah atau memo sisikan teks (baik berupa kalimat maupun kata) menurut posisi yang sesuai dengan bentuk objek persegi, persegi panjang, lingkaran, setengah lingkaran maupun setengah elips. Fasilita ini dinamakan shape tool

Fasilitas menambah objek dari luar adalah mengimport objek yang ter dapat dalam menu utama, yaitu File

Proses transformasi objek saat membuat desain adalah memindahkan objek, memutar objek, me-mirror objek, menggandakan objek (Transformation),
Kombinasi tombol keyboard untuk menggrup objek Ctrl+G

Perhatikan gambar berikut di bawah ini!


Perintah apakah untuk membuat objek seperti gambar tersebut adalah Weld. Perhatikan gambar berikut di bawah ini!
Perintah apakah untuk membuat objek seperti gambar tersebut Front minus back



Weld,Trim Simplify merupakan perintah-perintah yang dapat ditampilkan dengan Docer Properties


Untuk memberi warna background di area lembar kerja corel draw pada bulletin anda, pilihan menu yang tepat, yaitu Layout


Yang termasuk pengolah gambar vector adalah AutoCAD,.Corel Draw, Freehand, Autodesk sedangkan pengolah gambar raster (bitmap) menggunakan kata-kata kunci Photo/Picture.
Salah satu manfaat dari Docer Windows adalah Menggantikan kotak dialog dengan memudahkan serta mempercepat pembuatan objek.
Kombinasi tombol keyboard untuk mengopy objek adalah Ctrl + C.
Fungsi dari Clone adalah Mengganda objek sesuai aslinya. Untuk menampilkan Docer diperlukan menu pilihan Properties. Perintah  menyimpan file Corel Draw dengan nama yang baru adalah Save As. Type file Corel Draw secara default tersimpan adalah .CDR
Untuk membuat objek lingkaran dengan jari-jari yang sama dapat dilakukan dengan menggunakan perintah CTRL + Ellips. Jenis standart Warna yang digunakan dalam Corel Draw CMYK dan RGB (C= Cyan, M=Magenta, Y=Yellow, K=Black; dan R=Red, G=Green, B=Blue.
Jika menginginkan hanya tampilan warna di monitor saja di tampil-an Corel Draw, sebaiknya menggunakan kombinasi warna yang RGB. Jika menginginkan print out hasil objek gambar di Corel Draw, maka sebaiknya menggunakan kombinasi warna.CMYK 
 Untuk mengedepankan satu objek saja, digunakan perintah out hasil objek gambar di Corel Draw, maka sebaiknya menggunakan kombinasi warna Forward one. Untuk mengebelakangkan satu objek saja, digunakan perintah Back One. Untuk mengedepankan satu objek saja, digunakan perintah kombinasi  tombol keyboard  Ctrl+PageUp mbinasi  tombol keyboard. 
Kombinasi tombol keyboard untuk menduplikasikan objek adalah tombol keyboard Ctrl+D.  Pada Corel Draw, tool yang berfungsi untuk mengubah bentuk objek adalah oard Shape tool.

Alasan mengapa kinerja komputer menjadi lambat saat menggunakan aplikasi Corel Draw adalah bahwa aplikasi Corel Draw bekerja memaksimalkan kualitas hasil tampilan objek yang diolah sedemikian sehingga gambar objek menjadi kontinyu merupakan kinerja antara Processor dan RAM menyimpan kapasitas bit data objek lebih besar, maka proses komputer bekerja menjadi lambat. Mengatasi hal ini, diperlukan Processor berkecepatan tinggi dan RAM yang berkapasitas besar



Sedangkan aplikasi berbasis raster (bitmap/bmp) jika dikerjakan, tidak terlalu berat karena objek terdiri dari kumpulan pixcel dengan arah vertikal dan horisontal dalam satuan dot per inch (dpi). Karena objek terdiri dari sekumpulan titik pixcel dengan ukuran tertentu tiap objek maka saat gambar diperbesar melebihi batas ukuran pixcelnya maka gambar akan terlihat pecah atau tidak jelas melainkan namapak pixcel-pixcelnya.