header_ku

Kamis, 01 Maret 2018

MATERI UJIAN SEKOLAH KELAS XII - TIK - 2018

MATERI KELAS X


Printer memliki banyak jenis dan merek serta typenya. Pada prinsipnya printer digunakan sebagai alat bantu atau alat pendukung (Pheripheral) untuk mencetak dokumen dengan demikian printer merupakan alat output. Dokumen yang dimaksut buhan hanya dokumen surat atau hasil report database saja melainkan dapat berupa dokumen photo atau gambar dengan berbagai jenisnya. Berikut Perhatikan gambar peralatan komputer sebagai alat pendukung (peripheral) di bawah ini! 

 Sumber : http://qoryannisawicita.com/teknologi/beberapa-hal-memilih-printer-kualitas-terbaik/
  Sumber : http://seputarprinter.com/harga-printer-epson-stylus-photo-t60/

Sumber : http://www.foldertekno.com/printer-foto-terbaik/

Peralatan atau perangkat keras (Hardware)yang digunakan untuk menyimpan data baik penimpanan sementara (Volatile) maupun penyimpanan tetap (Non Volatile) hampir seluruhnya berada dalam kesing CPU.
Hardware komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara (Vloatile) adalah termasuk jenis memeori utama, yaitu:



Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory (RAM), atau biasa juga disebut memory, adalah suatu  alat komputer (perangkat keras/hardware). Ram merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang. Jadi
Fungsi Ram yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.

Ada beberapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini yaitu SRAM , EDORAM , SDRAM , DDRAM, RDRAM , VGRAM dll. Berikut ini perangkat keras komputer tersebut adalah Random Accsess Memory (RAM)





Sumber : http://portalsemarang.com/jenis-ram-pada-teknologi-komputer/


Hardware Main Device
Hardware yang digunakan untuk memperoses seluruh sistem komputer disebut sebagai Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan salah satu perangkat utama (Maindevice) selain Keyboard, Mouse dan Monitor. Sebenarnya CPU yang dimaksud adalah merujuk kepada Processor itu sendiri namun karena keberadaannya dalam suatu kesing yang menempel ketat pada socket processor motherboard itu sendiri, maka perangkat CPU seperti terlihat pada gambar berikut ini!

Hardware penginput terdiri atas Keyboard dan Mouse. Keyboard dan Mouse merupakan perangkat utama/maindevice, artinya jika salah satu perlatan tersebut tidak ada atau tidak berfungsi, maka kinerja komputer terganggu bahkan tidak berfungsi sama sekali.



Proses Booting
Suatu Yayasan Pendidikan membeli satu unit komputer baru dengan standart profesional office. Kemudian, Yayasan Pendidikan berkehendak untuk memasang aplikasi sistem informasi yang nantinya dipergunakan untuk manajemen keuangan dan administrasi Yayasan. Selama proses penginstalan, Petugas operator melakukan suatu proses dimana komputer secara otomatis melakukan restart komputer, proses restart yang dilakukan tersebut dikenal sebagai proses Warm Boot (booting panas).
Operator komputer yang melakukan suatu proses komputer, yaitu mengaktifkan komputer dilakukan mulai dari awal hingga ke tampilan desktop disebut Cold Boot.

Software Komputer
Program aplikasi pengolah kata yang merupakan bawaan dari sistem operasi windows di bawah ini adalah Writer
prosedur untuk mengaktifkan Program Aplikasi Microsft Office Excel adalah Klik Start – Klik Program – Klik Microsoft Office – Klik Microsoft Excel; Program utility untuk mengatasi kerusakan sistem operasi akibat virus atau malware adalah Ad-Aware.
Yang termasuk sebagai data seperti pada pilihan berikut ini adalah 1, 2, 3, 4, 5, sedangkan contoh Informasi adalah Kumpulan angka 1, 2, 3, 4. 5, ...
Konversi bilangan Desimal (basis 10) yang berada pada tabel kode ASCII seperti berikut :  068 = D; 079 = O; dan 078 = N, ke dalam bahasa mesin (Bilangan biner atau basis 2), maka yang perlu untuk diingat adalah diagarm konversi berikut ini

Perhatikan dengan seksama arah panah untuk konversi satu dengan lainnya. Dari Skema diagram konversi sistem bilangan tersebut, maka prosesnya adalah sebagai berikut
079 diubah menjadi 79 karena angka 0 bukan angka penting namun sebagai pelengkap digit konversi
79/2 = 39  sisa = 1
39/2 = 19  sisa = 1
19/2 = 9    sisa = 1
9/2   = 4    sisa = 1
4/2   = 2    sisa = 0
2/2   = 1    sisa = 0
Kemudian cara mengurutkan sisa hasil pembagian tersebut, yaitu dari paling bawah ke paling atas
1001111 kemudian tambahkan atau kembalikan angka 0 pelengkap di sebelah kiri dari deretan angka biner tersebut menjadi 8 bit 01001111 (2)
068 diubah menjadi 68 karena angka 0 bukan angka penting namun sebagai pelengkap digit konversi
68/2 = 34  sisa = 0
34/2 = 17  sisa = 0
17/2 = 8    sisa = 1
8/2   = 4    sisa = 0
4/2   = 2    sisa = 0
2/2   = 1    sisa = 0
Kemudian cara mengurutkan sisa hasil pembagian tersebut, yaitu dari paling bawah ke paling atas
1000100 kemudian tambahkan atau kembalikan angka 0 pelengkap di sebelah kiri dari deretan angka biner tersebut menjadi 01000100 (2)
Perhatikan dengan seksama arah panah untuk konversi satu dengan lainnya. Dari Skema diagram konversi sistem bilangan tersebut, maka prosesnya adalah sebagai berikut
078 diubah menjadi 78 karena angka 0 bukan angka penting namun sebagai pelengkap digit konversi
78/2 = 39  sisa = 0
39/2 = 19  sisa = 1

19/2 = 9    sisa = 1
9/2   = 4    sisa = 1
4/2   = 2    sisa = 0
2/2   = 1    sisa = 0
Kemudian cara mengurutkan sisa hasil pembagian tersebut, yaitu dari paling bawah ke paling atas
1001110 kemudian tambahkan atau kembalikan angka 0 pelengkap di sebelah kiri dari deretan angka biner tersebut menjadi 01001110 (2)


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Ilmu terapan yang mengkaji metode atau pola kerja dan bagaimana cara meningkatkan kesesuaian antara kondisi fisik pekerja dengan lingkungan kerjanya serta aktivitasnya disebut dengan Ergonomik.


Undang Undang Hak Cipta
Undang Undang yang mengatur Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah UU No. 19 Thn. 2002. Pada tahun 2014 Undang Undang HAKI digantikan dengan Undang Undang No. 28 Tahun 2014. Undang Undang ITE No, 11 Tahun 2008 dan berlaku 21 April 2008. Perhatikan pernyataan pernyataan mengenai undang undang ITE berikut :
Hukuman teringan adalah enam bulan kurungan dan atau denda sebesar Rp600.000.000,00
Hukuman terberat adalah dua belas tahun kurungan dan atau denda sebesar Rp12.000.000.000,00
ITE diatur dalam Undang-undang  Nomor 11 Tahun 2008
UU tentang ITE disahkan dan mulai diberlakukan pada tanggal 21 April 2008

Sistem Operasi dan Manajemen File
Jika pada command prompt yang aktif menunjukkan C\:>Document>, artinya Rood directory yang aktif adalah C dan subdirectory yang aktif adalah Documents. Sistem opersi Microsft Windows sangat berbeda dari sistem operasi dari pendahulunya. Perbedaan yang paling signifikan dari sistem operasi ini adalah Sistem BIOS diganti menjadi sistem UEFI. Perangkat lunak yang digunakan dalam mengoperasikan sistem komputer agar dapat digunakan lebih mudah oleh pengguna komputer, mendapat perhatikan khusus oleh seorang tokoh komputer, yaitu Willian Stallings. Menurut William Stallings sistem operasi adalah Sistem operasi merupakan sistem yang bekerja di atas kinerja hardware sebagai bentuk kinerja antar sistem di dalam komputer.
Saat printer mengalami kemacetan/kerusakan, segala pekerjaan laporan (report) mengalami gangguan dan hambatan dalam kecepatan kinerja seorang pengguna atau operator komputer. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan printer mengalami gangguan dan tidak berfungsi, yaitu Kabel power listrik ke printer belum terhubung dengan benar dan baik, Driver printer belum terpasang dengan baik dan benar atau driver mengalami kerusakan seperti tergores, Pengaturan dan setingan printer belum dilakukan secara benar, dan Kabel data printer belum terhubung dengan benar baik salah satu ujung konektornya atau keduanya belum terhubung.
Kegiatan yang merupakan manajemen file adalah Membuat folder, Mengganti nama file, Membuat Shotcut, dan Menyalin file.


Operasi Dasar Program Pengolah Kata
Perhatikan tabel dalam aplikasi pengolah kata berikut ini
NIS
Nama Siswa
Nilai
Sikap
PPK
Praktik





Tabel Nilai terletak pada sel C1 artinya pada kolom C atau kolom ke tiga dari arah kiri tabel dan baris pertama atau baris 1.

KELAS XI

Internet
dalam peralatan jaringan komputer adalah Menghubungkan dua kelompok jaringan atau lebih tanpa menggunakan filtering paket data. Fungsi dari ikon pada aplikasi Mozilla Firefox seperti berikut ini adalah Router
Syarat seorang pengguna internet untuk pertama kali dapat melakukan pendaftaran email harus memiliki aplikasi Browsing seperti Mozilla Fire Fox, Google Crome, Opera, dll. Perhatikan gambar berikut ini

Add-Ons
Susunan format baku dalam menggunakan bahasa HTML adalah sebagai berikut
<html>
<head>
<title> isi dari title </title>
</head>
<body> isi yang akan ditampilkan dalam browser
</body>
</html>

Peralatan Jaringan Komputer
lat berikut yang digunakan untuk memasang kabel UTP pada konektor RJ-45 adalah dengan menggunakan tang krimping/tang kriping seperti berikut ini

Alat yang digunakan untuk mengetes koneksi kabel UTP adalah dengan menggunakan kabel tester seperti berikut ini 
tabel susunan kabel T-568A sesuai dengan nomor pin urutan warna standart 8 kabel, berurutan dari atas ke bawah atau dari nomor pin 1 sampai dengan nomor pin 8

T-568 A
T-568 B
Nomor Pin
Warna Kabel
Singkatan
Nomor Pin
Warna Kabel
Singkatan
3
Putih Hijau
PH
1
Putih Oranye
PO
6
Hijau
H
2
Oranye
O
1
Putih Oranye
PO
3
Putih Hijau
PH
4
Biru
B
4
Biru
B
5
Putih Biru
PB
5
Putih Biru
PB
2
Oranye
O
6
Hijau
H
7
Putih Coklat
PC
7
Putih Coklat
PC
8
Coklat
C
8
Coklat
C
Perhatikan urutan nomor pin dan urutan warna kabel. Baris yang di arsir lebih gelap adalah warna kabel dan nomor pinnya sama. Sedangkan kolom singkatan adalah bertujuan mempermudah mengingat urutan warna kabel.
Elektronik MAil
Tanpa terhubung ke internet, seorang operator internet tidak dapat berbuat apa-apa dengan e-mail yang dimilikinya baik itu HP, PC Laptop, maupun PC  Desktop.
Syarat seorang pengguna internet untuk melakukan pengecekkan isi email pertama kali harus memiliki Nama ID dan Password

Aplikasi Pengolah Angka
Fungsi Microsoft Excel yang sering digunakan untuk menghitung rata-rata suatu nilai atau data adalah =AVERAGE(Ranged Data); contoh: =AVERAGE(D12:H12). Selamanya, penulisan formula atau fungsi Harus di dahului tanda “=”. Berikut ini aplikasi yang tepat digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas dengan membuat grafik sinus dan cosinus adalah Program pengolah angka, yaiut Microsoft Excel


Ikon pada toolbar Microsft Excel ini 











digunakan untuk Menggabung cell. 


Diketahui data dan formula sel pada aplikasi pengolah angka adalah sebagai berikut ini 



Jadi Proses operasi matematika pada aplikasi pengolah angka yang paling benar adalah sebagai berikut 

Dalam ilmu struktur data, yaitu TREE STRUCTUR selamanya yang diproses lebih dahulu adalah yang berada dalam tanda kurung dan prosesnya akan sangat jelas terlihat seperti berikut di bawah ini
Dimulai dari kiri bawah ke atas 

Proses operasi matematika yang terendah adalah perkalian dengan symbol berada pada posisi paling atas diantara operasi proses matematika lainnya. Derajat tertinggi menunjukkan operasi penjumlahan karena berada dalam tanda kurung dan berada pada posisi kiri paling bawah.
Fungsi Microsoft Excel yang sering digunakan untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu dari suatu nilai atau data adalah =COUNTIF(Range Data;Criteria). 


Fungsi yang digunakan pada kolom D, yaitu range D4:D11, yaitu
Untuk isi sel D4 adalah =OR(A4;B4); Untuk isi sel D5 adalah =OR(A5;B5); . . .; untuk isi sel D11 adalah =OR(A11;B11)
Fungsi yang digunakan pada kolom E, yaitu range E4:E11, yaitu
Untuk isi sel E4 adalah =OR(A4;C4); Untuk isi sel E5 adalah =OR(A5;C5); . . .; untuk isi sel E11 adalah =OR(A11;C11)
Fungsi yang digunakan pada kolom F, yaitu range F4:F11, yaitu
Untuk isi sel F4 adalah =OR(B4;C4); Untuk isi sel F5 adalah =OR(B5;C5); . . .; untuk isi sel F11 adalah =OR(B11;C11)
Fungsi yang digunakan pada kolom G, yaitu range G4:G11, yaitu
Untuk isi sel G4 adalah =OR(A4;B4;C4); Untuk isi sel G5 adalah =OR(A5;B5;C5); . . .; untuk isi sel G11 adalah =OR(A11;B11;C11)
Perlu untuk diingat bahwa logika OR pernyataan salah dan kesimpulannya salah jika seluru premisnya salah semuanya.
Bagaimana dengan adanya kombinasi logika dan adanya tanda kurung “( )” seperti berikut ini

Fungsi yang digunakan pada kolom D, yaitu range D4:D11, yaitu
Untuk isi sel D4 adalah =OR(OR(A4;C4);C4); Untuk isi sel D5 adalah =OR(OR(A5;C5);C5); . . .; untuk isi sel D11 adalah =OR(OR(A11;C11);C11)
Fungsi yang digunakan pada kolom E, yaitu range E4:E11, yaitu
Untuk isi sel E4 adalah =OR(AND(B4;A4);C4); Untuk isi sel E5 adalah =OR(AND(B5;A5);C5); . . .; untuk isi sel E11 adalah =OR(AND(B11;A11);C11)
Fungsi yang digunakan pada kolom F, yaitu range F4:F11, yaitu
Untuk isi sel F4 adalah =AND(OR(B4;A4);C4); Untuk isi sel E5 adalah =AND(OR(B5;A5);C5); . . .; untuk isi sel E11 adalah =AND(OR(B11;A11);C11)

Perlu untuk diingat bahwa logika OR pernyataan salah dan kesimpulannya salah jika seluru premisnya salah semuanya.
Bagaimana dengan adanya kombinasi logika dan adanya tanda kurung “( )” seperti berikut ini

Bagaimana mengubah deretan angka menjadi suatu tampilan output seperti gambar di bawah ini
Diketahui Data seperti berikut ini



Isi dan hasil sel A2 adalah 5271. Membuat hasil sel seperti pada sel C2, yaitu 5+2+7+1=15; Maka fungsi yang digunakan adalah              =LEFT(A2;1)&"+"&MID(A2;2;1)&"+"&MID(A2; 3;1)&"+"&RIGHT(A2;1)&"="&LEFT(A2;1)+ MID(A2;2;1)+ MID(A2;3;1)+RIGHT(A2;1)

Perhatikan gambar berikut ini dengan seksama. Yang perlu dilihat adalah bagian dari isi sel yang berada pada baris formula


 
 Isi sel dari A2 adalah NEGARA ADI KUASA

Berikut ini bagaimana mengetahui pesan kesalahan (error) dari data yang ada seperti di bawah ini


Berikut ini bagaimana mengetahui pesan kesalahan (error) dari data yang ada seperti di bawah ini
Untuk output atau hasil sel B4 adalah #DIV/0!. Penjelasan pesan error tersebut adalah bahwa formula berisi operasi pembagian matematika dengan data pembilangnya adalah kosong atau sama dengan 0 (nol). Semua angka jika dibagikan dengan 0 atau kosong, maka hasil proses pembagian adalah sama dengan tidak terdefinisi atau error atau #DIV/0!


KELAS XII


CorelDraw
Program aplikasi yang berfungsi untuk mengedit/memodifikasi/merubah foto adalah Adobe Photoshop
Jika anda diberi tugas untuk menggambar denah gedung beserta gambar 3D serta detail gambar lengkap dengan ukuran serta satuannya, maka sebaiknya anda menggunakan program aplikasi berbasis vector seperti berikut di bawah ini
Auto CAD, Auto Desk, Archi CAD, Studio MAX, dan Home Design. Sedangkan untuk 2D digunakan Corel Draw, Microsoft Visio untuk membuat denah dan lokasi.      Aplikasi desain grafis berbasis Bitmap/Ruster, biasanya yang mengolah ukuran picxels dan resolusi gambar seperti Paint, Photo Shop, Picture It, Design Ilustratordan After Effect
Gambar dengan Effect di bawah ini merupakan gambar yang diberi effect 3D Effect - Pagecurl


Program aplikasi pengolah gambar berbasis vektor dengan perintah merubah posisi objek yang aktif menjadi paling belakang dari objek yang lain Perintahnya adalah To Back.
Aplikasi CorelDraw dapat melakukan penggandaan objek dengan tiga cara penggandaan objek, yaitu Copy Paste, Clone, dan Duplicate. Perbedaannya adalah sebagai berikut:
Copy Paste
Prosedur operasinya : Klik ikon Copy + Klik ikon Paste atau Ctrl+C dan Ctrl+V
Menggandakan objek sama persis bentuk dan warnanya serta posisi objeknya. Penggandaan objek jenis ini sebaiknya dilakukan untuk lembar yang berbeda, misalkan untuk lembar gambar halaman 1 dengan lembar gambar halaman 2. Jika Objek di halaman lembar gambar 1 dihapus maka objek gambar hasil kopian tidak terpengaruh atau tidak mengalami perubahan apapun (tetap)
Duplicate
Prosedur operasinya : Ctrl+D
Menggandakan objek sama persis bentuk dan warnanya namun posisi objeknya bergeser dari objek aslinya. Penggandaan objek jenis ini hanya berlaku pada 1 halaman gambar dimana saat dikerjakan objek gambar di halaman tersebut hasil penggandaannya berada. Variasi dan kombinasi dari penggandaan jenis ini terdiri dari, Transmoformation (Rotation, Position, Scale and Miror). Jika Objek asli/induk dihapus, maka objek gambar hasil kopian tidak terpengaruh atau tidak mengalami perubahan apapun (tetap)
Clone
Prosedur operasinya : Klik Menu Edit – Pilih dan Klik Clone
Menggandakan objek sama persis bentuk dan warnanya namun posisi objeknya bergeser dari objek aslinya. Penggandaan objek jenis ini hanya berlaku pada 1 halaman gambar dimana saat dikerjakan objek gambar di halaman tersebut hasil penggandaannya berada. Perbedaan dengan Duplicate, bahwa hasil clone akan mengikuti perubahan dari objek gambar aslinya. Clone tidak memiliki variasi transformation seperti pada duplicate.

Memperoleh teks seperti gambar di bawah ini, Perintah yang dilakukan adalah mengklik ikon  
dan selanjutnya Ketik teks, klik objek lingkaran setelah itu dan selanjutnya klik drag sambil menekan tombol Ctrl secara diagonal, kemudian blok teks dan lingkaran dan klik menu Text – Fit Text to Path. Hasilnya akan namapak pada gambar di bawah




















Membuat warna objek seperti gambar di bawah ini, menggunakan perintah Fontain Fill



Perhatikan gambar di bawah ini, perintah yang tepat digunakan adalah Interactive Bland Tool
   Microsoft PowerPoint
Perhatikan gambar ikon di bawah ini







Gambar ikon tersebut merupakan perintah yang digunakan untuk menjalankan Slide

Dalam menu Slide Show terdapat submenu Rehearse Timings. Fungsi dari perintah ini adalah memberikan waktu operasional Microsoft Power Point

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan saran anda, GBU